Kompas TV internasional kompas dunia

Baru 3 dari 99 Jenazah Korban Kebakaran Hawaii yang Diidentifikasi, Polisi Minta Warga Kumpulkan DNA

Kompas.tv - 15 Agustus 2023, 14:52 WIB
baru-3-dari-99-jenazah-korban-kebakaran-hawaii-yang-diidentifikasi-polisi-minta-warga-kumpulkan-dna
Puing-puing akibat kebakaran di Lahaina, Hawaii, Amerika Serikat, tampak pada Kamis, 10 Agustus 2023. (Sumber: AP Photo/Rick Bowmer)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

LAHAINA, KOMPAS.TV - Baru tiga dari 99 jenazah korban kebakaran di Lahaina, Pulau Maui, Hawaii, Amerika Serikat berhasil diidentifikasi.

Kepala Polisi setempat, Maui John Pelletier, mengatakan bahwa pihaknya baru bisa mengenali tiga dari 99 jenazah korban kebakaran Hawaii.

Identitas ketiga jenazah tersebut berhasil dikenali melalui sidik jari mereka.

Polisi pun mendorong masyarakat korban kebakaran Hawaii yang kehilangan keluarga atau kerabat mereka untuk memberikan sampel DNA agar proses identifikasi cepat dilaksanakan.

Ia menyebut, para korban tewas dalam kebakaran di Hawaii itu mengalami luka bakar yang parah.

"Kami harus melakukan tes DNA secara cepat untuk mengidentifikasi semuanya. Ketika kami mengambil jenazah, mereka hancur berantakan," jelas Pelletier dilansir dari Agence France-Presse (AFP).

Baca Juga: Korban Tewas Kebakaran Hawaii Tembus 99 Orang, Jumlahnya Diperkirakan Bertambah 2 Kali Lipat

Pelletier mengungkapkan, jumlah jenazah korban tewas dalam peristiwa mematikan itu akan meningkat menjadi 90 persen pada akhir pekan ini. Sebab, lanjut dia, baru 25 persen daerah Laihana yang ditelusuri petugas.

Senada, Gubernur Maui, Josh Green, mengatakan jumlah korban akan meningkat signifikan dalam sepuluh hari mendatang. Sebab upaya pencarian masih terus dilakukan.

"Jumlah tersebut akan naik signifikan dalam sepuluh hari ke depan, angkanya bisa dua kali lipat," jelasnya, dilansir dari France24, Senin (14/8/2023).



Sumber : AFP, BBC, France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x