Kompas TV internasional kompas dunia

Kabar Duka! Penyanyi Sin ad O'Connor Meninggal dalam Usia 56 tahun

Kompas.tv - 27 Juli 2023, 07:17 WIB
kabar-duka-penyanyi-sinad-o-connor-meninggal-dalam-usia-56-tahun
Sinead O Connor pada perayaan 50 tahun Cambridge Folk Festival. Pada Rabu (26/7/2023), keluarga mengumumkan kematian Sinead O Connor, namun tidak menyebutkan apa penyebab kematiannya. (Sumber: Bryan Ledgard - CC BY 2.0)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

LONDON, KOMPAS.TV – Penyanyi dan penulis lagu berbakat asal Irlandia, Sinéad O'Connor, meninggal dunia dalam usia 56 tahun.

Dia menjadi super star ketika berusia 20an tahun dan dikenal karena perjuangan pribadi melawan tekanan mental, tindakan kontroversial, serta musiknya yang ekspresif.

“Dengan sangat sedih kami mengumumkan meninggalnya Sinéad yang kami cintai. Keluarga dan teman-temannya sangat terpukul dan meminta privasi pada saat yang sangat sulit ini,” kata keluarga penyanyi tersebut, Rabu (26/7/2023), seperti dikutip dari The Associated Press.

Hingga kini keluarga belum mengungkapkan penyebab meninggalnya Sinead.

Di masa hidupnya, Sinead selalu terbuka mengenai penyakit mental yang dihadapinya. Dia menyatakan didiagnosis dengan gangguan bipolar.

Sinead pernah memposting video Facebook pada tahun 2017 dari sebuah motel New Jersey tempat dia tinggal, dia mengatakan bahwa dia tetap hidup demi orang lain. Namun jika dia bisa memilih, dia lebih memilih "pergi".

Ketika putra remajanya Shane meninggal karena bunuh diri pada 2022  lalu, Sinead men-tweet bahwa dia merasa hidupnya sudah tidak berguna tanpa anaknya dan dia segera dirawat di rumah sakit.

Tweet terakhirnya, diposting pada 17 Juli lalu adalah: "Untuk semua ibu dari anak-anak yang bunuh diri," kemudian memposting sebuah mantera yang berisi welas asih dari Tibet.

Baca Juga: Tiada Berbanding: Memoir Sinead O’Connor Terbit Juni Tahun Depan

Sinead dikenal dengan kepalanya yang dicukur nyaris plontos dan memiliki suara soprano mezzo multi-oktaf dengan jangkauan emosional yang luar biasa.

Sinead memulai karirnya dengan menyanyi di jalan-jalan Dublin dan kemudian ketenarannya meningkat hingga ke panggung internasional. 

Album debutnya tahun 1987 berjudul "The Lion and the Cobra,". Dia kemudian menjadi sangat terkenal pada tahun 1990 dengan lagu "Nothing Compares 2 U".

Lagu ini bahkan menduduki puncak tangga lagu dari Eropa hingga Australia.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x