Kompas TV internasional kompas dunia

Putra Pemimpin Kamboja Lulusan West Point Siap Mengambil Alih Kekuasaan

Kompas.tv - 23 Juli 2023, 05:35 WIB
putra-pemimpin-kamboja-lulusan-west-point-siap-mengambil-alih-kekuasaan
Dengan Partai Rakyat Kamboja hampir dipastikan meraih kemenangan telak dalam pemilihan minggu ini, sulit untuk membayangkan perubahan dramatis di masa depan. Dengan senyuman hangat dan nada lembut, kontras mencolok dengan tampilan serius sang ayah dan gaya khas militer, Hun Manet mengatakan CPP sudah membawa perdamaian, stabilitas, dan kemajuan bagi rakyat Kamboja. (Sumber: WKBT)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

PHNOM PENH, KOMPAS.TV - Hun Sen menjadi perdana menteri otoriter Kamboja selama hampir empat dekade, di mana oposisi telah dicekik dan negara tersebut semakin dekat dengan China.

Dengan Partai Rakyat Kamboja hampir dipastikan meraih kemenangan telak dalam pemilihan minggu ini, sulit untuk membayangkan perubahan dramatis di masa depan, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Jumat (21/7/2023).

Namun, mantan pejuang Khmer Merah komunis berusia 70 tahun dan pemimpin terlama di Asia mengatakan dia siap menyerahkan jabatan perdana menteri kepada putra tertuanya, Hun Manet, lulusan Akademi Militer AS di West Point yang saat ini menjabat sebagai kepala angkatan darat negara itu.

Puluhan ribu pendukung memadati alun-alun pusat ibu kota sebelum fajar pad hari Jumat (22/7/2023) kemarin untuk mendengarkan pidato perdana menteri berusia 45 tahun tersebut, yang menandai hari terakhir kampanye CPP sebelum pemilihan.

Dengan senyuman hangat dan nada lembut, kontras mencolok dengan tampilan serius sang ayah dan gaya khas militer, Hun Manet mengatakan CPP sudah membawa perdamaian, stabilitas, dan kemajuan bagi rakyat Kamboja.

"Memilih Partai Rakyat Kamboja berarti memilih untuk diri Anda sendiri," ujarnya kepada kerumunan yang berteriak histeris, berjanji untuk mengembalikan kebanggaan nasional Kamboja ke "tingkat yang lebih tinggi dari era Angkor yang gemilang" dari Kerajaan Khmer berabad-abad yang lalu.

Dengan oposisi yang kredibel terhadap CPP dilarang ikut pemilu karena masalah teknis, warga Kamboja hanya diberi sedikit pilihan selain memilih lagi partai penguasa.

Penangkapan beberapa tokoh oposisi terkemuka seminggu terakhir membantu menekan dukungan bagi partai selain CPP di jalanan Phnom Penh.

Baca Juga: Trauma Dibombardir Amerika, PM Kamboja Minta Ukraina Tak Pakai Bom Curah AS

Dengan Partai Rakyat Kamboja hampir dipastikan meraih kemenangan telak dalam pemilihan minggu ini, sulit untuk membayangkan perubahan dramatis di masa depan. Dengan senyuman hangat dan nada lembut, kontras mencolok dengan tampilan serius sang ayah dan gaya khas militer, Hun Manet mengatakan CPP sudah membawa perdamaian, stabilitas, dan kemajuan bagi rakyat Kamboja. (Sumber: CamboJa News)

"Otoritas di Kamboja menghabiskan lima tahun terakhir mencabik-cabik apa yang tersisa dari hak-hak kebebasan berekspresi, berkumpul secara damai, dan berserikat," kata Montse Ferrer dari Amnesty International hari Jumat. "Banyak orang merasa mereka dipaksa untuk berpartisipasi dalam pemilihan ini meskipun pilihan partai mereka tidak ada di surat suara."

Namun, ada perasaan kegembiraan yang nyata ketika Hun Manet berjalan melalui kerumunan sekitar 60.000 orang, menyapa dan berfoto selfie dengan para pendukungnya, sebelum bergabung dengan istrinya di belakang truk pickup untuk parade panjang di sepanjang kota.

Sin Dina, seorang remaja berusia 16 tahun yang datang bersama banyak pemuda lainnya, melompat-lompat dan melambaikan bendera Kamboja saat Hun Manet melintas perlahan, mengatakan ini adalah pertama kalinya dia memiliki kesempatan untuk melihatnya secara langsung.

"Beliau terlihat seperti pria sopan, ramah, mudah didekati, dan berpendidikan," katanya, sambil menyesal karena dia terlalu muda untuk memilih. "Dia adalah pewaris yang tepat untuk ayahnya."

Banyak orang dalam kerumunan berbicara tentang pendidikan Hun Manet, sarjana di West Point diikuti dengan gelar master di Universitas New York dan gelar doktor dalam bidang ekonomi dari Universitas Bristol, Inggris.

Latar belakangnya telah menimbulkan harapan dari sebagian orang di Barat bahwa dia mungkin membawa perubahan politik, tetapi masih memerlukan upaya untuk mendapatkan pengaruh kembali di negara berpenduduk 16,5 juta orang ini, mengingat pentingnya China secara strategis dan ekonomi, kata John Bradford, seorang sesepuh di Sekolah Studi Internasional S. Rajaratnam di Singapura.

"Kamboja yang dipimpin oleh Hun Manet mungkin saja menjadi sekutu AS yang lebih kuat, tetapi hubungan AS-Kamboja hanya akan berkembang jika didasarkan pada prinsip-prinsip dasar yang saling menguntungkan dan saling menghormati," kata Bradford. "Diplomat AS harus fokus pada hal-hal ini."

Di puncak keprihatinan Washington adalah keterlibatan China dalam pembangunan Pangkalan Angkatan Laut Ream di Kamboja, yang dapat memberikan pos militer penting secara strategis di Teluk Thailand.

Baca Juga: Galak, PM Kamboja Umumkan Pemilih yang Golput Dilarang Mencalonkan Diri di Pemilu Berikutnya

Dengan Partai Rakyat Kamboja hampir dipastikan meraih kemenangan telak dalam pemilihan minggu ini, sulit untuk membayangkan perubahan dramatis di masa depan. Dengan senyuman hangat dan nada lembut, kontras mencolok dengan tampilan serius sang ayah dan gaya khas militer, Hun Manet mengatakan CPP sudah membawa perdamaian, stabilitas, dan kemajuan bagi rakyat Kamboja. (Sumber: NDTV)

Pembangunan proyek Ream dimulai tahun lalu, dan citra satelit dari Planet Labs PBC yang diambil sekitar sebulan lalu dan dianalisis oleh Associated Press menunjukkan dermaga yang cukup besar untuk menampung kapal perusak jika kedalamannya mencukupi.

Di tingkat regional, ASEAN yang dipimpin Kamboja sejak tahun lalu, mengkritik Phnom Penh karena merusak kesatuan dalam perselisihan dengan China atas klaim wilayah Laut China Selatan.

Belum jelas kapan, atau bahkan apakah Hun Sen akan menyerahkan jabatannya kepada putranya selama periode pemerintahan lima tahun mendatang, meskipun kebanyakan orang berpikir itu akan terjadi cukup cepat agar Hun Manet dapat membangun otoritasnya dalam posisi tersebut sebelum pemilihan berikutnya.

Kedua pria tersebut menolak permintaan untuk diwawancarai oleh Associated Press.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x