Kompas TV internasional kompas dunia

Jasad Manusia Ditemukan di Reruntuhan Kapal Selam Titan, Analisis akan Dilakukan

Kompas.tv - 29 Juni 2023, 07:55 WIB
jasad-manusia-ditemukan-di-reruntuhan-kapal-selam-titan-analisis-akan-dilakukan
Dalam foto yang dirilis Penjaga Pantai Amerika Serikat tampak sebuah pesawat Hercules HC-130 miliki Penjaga Pantai AS yang berbasis di Stasiun Udara Penjaga Pantai Elizabeth City, North Carolina, terbang di atas kapal riset Prancis, LAtalante, sekitar 900 mil di timur Cape Cod, Massachusetts, dalam pencarian kapal selam Titan, Rabu, 21 Juni 2023. (Sumber: US Coast Guard via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Iman Firdaus

EVERETT, KOMPAS.TV - Jasad manusia ditemukan di reruntuhan kapal selam Titan yang dilaporkan meledak.

Penemuan tersebut diungkapkan oleh penjaga pantai Amerika Serikat (AS).

Potongan-potongan dari kapal selam, yang meledak saat menyelam ke bangkai kapal titanic, ditempatkan di St. Johns’s, Kanada, Rabu (28/6/2023).

Para pejabat mengatakan kerangka pendaratan kapal selam, dan penutup belakang ditemukan di antara puing-puing.

Baca Juga: Swiss Tolak Kirim Tank Leopard 1A5 ke Ukraina karena Langgar Prinsip Netralitas

Dikutip dari BBC, Kamis (29/6/2023), profesional medis AS akan melakukan analisis formal terhadap dugaan jenazah, kata penjaga pantai dalam sebuah pernyataan.

Tahap awal penyelidikan penyebab bencana meledaknya kapal selam Titan saat ini sedang dilakukan.

Dewan Investigasi Kelautan (MBI) penjaga pantai AS akan mengangkut bukti ke pelabuhan AS untuk analisis dan pengujian lebih lanjut.

Ketua MBI, Kapten Jason Neubauer, mengatakan bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memahami faktor-faktor yang menyebabkan hilangnya Titan secara dahsyat dan membantu memastikan tragedi serupa tidak terjadi lagi.

“Saya berterima kasih atas dukungan internasional dan antarlembaga yang terkoordinasi untuk memulihkan, serta melestarikan bukti penting ini pada jarak dan kedalaman lepas pantai yang ekstrem,” kata Neubauer.



Sumber : BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x