Kompas TV internasional kompas dunia

Pengunjung Terjatuh dari Roller Coaster yang Terguling di Swedia, Satu Orang Tewas dan 9 Luka Berat

Kompas.tv - 26 Juni 2023, 05:35 WIB
pengunjung-terjatuh-dari-roller-coaster-yang-terguling-di-swedia-satu-orang-tewas-dan-9-luka-berat
Roller coaster yang sedang berjalan terguling di Stockholm, Minggu (25/6/2023), menyebabkan beberapa penumpang terjatuh ke tanah menewaskan satu orang dan melukai sembilan orang lainnya, menurut polisi dan pejabat taman hiburan Gröna Lund. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

STOCKHOLM, KOMPAS.TV - Sebuah roller coaster yang sedang berjalan terguling di Stockholm pada Minggu (25/6/2023). Peristiwa ini menyebabkan beberapa penumpang terjatuh ke tanah, menewaskan satu orang dan melukai sembilan orang lainnya, menurut polisi dan pejabat taman hiburan seperti

Saksi mata menggambarkan suasana kacau di taman Gröna Lund saat bagian depan kereta tampak terlepas dari rel sebelum berhenti, dengan satu gerbong miring ke arah tanah.

"Bagian depan kereta terguling sebagian dan berhenti di rel pada ketinggian antara 6 hingga 8 meter," kata CEO taman Jan Eriksson.

"Total ada 14 orang di dalamnya, di antaranya satu orang meninggal dunia dan beberapa orang terluka," katanya, seperti dilaporkan Associated Press, Senin (26/6/2023).

Pemerintah regional mengatakan sembilan orang dilarikan ke rumah sakit, satu di antaranya dalam kondisi serius. Tiga dari mereka adalah anak-anak, semuanya mengalami luka ringan.

Saksi Ziba Assadi mengatakan kepada saluran TV4 Swedia bahwa dia berdiri tepat di bawah roller coaster Jetline ketika dia melihat salah satu perangkat roda kereta jatuh ke tanah.

"Lalu keretanya berhenti dan orang-orang terlempar, terjatuh dari kereta," katanya.

Baca Juga: Swedia: Kami Sudah Penuhi Komitmen Antiterorisme agar Boleh Masuk NATO, Turki Katakan Belum

Roller coaster yang sedang berjalan terguling di Stockholm, Minggu (25/6/2023), menyebabkan beberapa penumpang terjatuh ke tanah menewaskan satu orang dan melukai sembilan orang lainnya, menurut polisi dan pejabat taman hiburan Gröna Lund. (Sumber: AP Photo)

Saksi mata mengatakan dua atau tiga orang terjatuh dari kereta, salah satunya berhasil menempel pada rel. Foto-foto dari lokasi kejadian menunjukkan seorang pria duduk di atas balok di bawah kereta yang berhenti.

"Jadi dia duduk di atasnya dan menunggu," kata Assadi. "Ada kepanikan total."

Taman hiburan tersebut dievakuasi setelah kecelakaan tersebut dan akan tetap ditutup selama tujuh hari untuk memungkinkan penyelidik mengetahui penyebabnya, kata pejabat taman.

"Kecelakaan semacam ini seharusnya tidak boleh terjadi," kata Juru bicara Gröna Lund, Annika Troselius. "Keselamatan adalah hal yang paling penting bagi kami. Dan kami tidak akan pernah membuka wahana jika kami tidak yakin itu aman, jadi ini adalah sesuatu yang perlu kami teliti."

Polisi memulai penyelidikan pidana atas kemungkinan tuduhan pembunuhan tidak sengaja, menyebabkan cedera tubuh, dan membahayakan orang lain.

Roller coaster Jetline yang memiliki panjang 800 meter dan dibuka pada tahun 1988 pernah menjalani renovasi tahun 2000, menurut Gröna Lund. Roller coaster ini memiliki ketinggian maksimum 30 meter dan kecepatan maksimum 90 kph.

Gröna Lund, yang dibuka pada tahun 1883, adalah taman hiburan tertua di Swedia.

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x