Kompas TV internasional kompas dunia

5 Orang di Kapal Selam Penjelajah Titan yang Hilang, Ada Ahli Maritim, Sopirnya Pendiri Perusahaan

Kompas.tv - 21 Juni 2023, 22:44 WIB
5-orang-di-kapal-selam-penjelajah-titan-yang-hilang-ada-ahli-maritim-sopirnya-pendiri-perusahaan
Pencarian terus dilakukan demi mencari sebuah kapal selam penjelajah laut dalam Titan yang hilang dengan lima orang di dalamnya setelah tenggelam di situs reruntuhan Titanic di Samudra Atlantik utara, Minggu (18/6/2023). Menurut Penjaga Pantai Amerika Serikat, ada lima orang di dalam kapal selam pada saat kehilangan kontak. (Sumber: New York Post)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

EVERETT, KOMPAS.TV – Ada lima orang penumpang berada dalam kapal selam penjelajah Titan yang dilaporkan hilang kontak dengan kapal induknya saat menyelam ke situs bangkai Titanic di Samudra Atlantik utara pada Minggu (18/6/2023).

Kelima orang itu yakni pendiri perusahaan yang mengoperasikan kapal selam itu, seorang penjelajah sekaligus pengusaha Inggris, seorang ayah dan putra remajanya dari keluarga Pakistan terpandang, dan seorang ahli maritim Prancis. 

Berikut identitas para penumpang kapal selam Titan:

Stockton Rush

Ia pendiri sekaligus direktur utama OceanGate Expeditions, perusahaan yang mengoperasikan kapal selam yang hilang, Titan. Rush sendiri yang mengemudikan Titan saat kapal selam itu menjelajah menuju sisa-sisa Titanic dan hilang kontak pada Minggu (18/6).

Mengutip The New York Times, Rabu (21/6/2023), Rush merupakan keturunan dua founding father Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat (AS), Benjamin Rush dan Richard Stockton.

Rush menjadi pilot jet transportasi termuda di usia 19 tahun pada 1981, dan kemudian menerbangkan jet-jet komersial.

Menurut data biografi perusahaannya, Rush lulus dari Princetown pada 1984 dengan gelar di bidang teknik penerbangan.  

Baca Juga: Kapal Selam Wisata Titanic Ternyata Dikendalikan Pakai Gamepad, Ini Alasannya

Di tahun itu, seperti dilansir Associated Press, ia bergabung bersama McDonnell Douglas Corp, perusahaan aeroangkasa AS yang terkenal, menjadi teknisi uji penerbangan. 

Pada 2009, ia mendirikan OceanGate, sebuah perusahaan swasta yang berbasis di Everett, Washington, dekat Seattle.

CEO OceanGate Stockton Rush ketika menunjukkan gamepad yang digunakan untuk mengemudikan kapal selam Titan kepada reporter CBS News pada November 2022 lalu. (Sumber: CBS via Ars Technica)

Dalam sebuah wawancara CBS pada November tahun lalu, Rush mengungkapkan cita-citanya semasa muda. Ia ingin menjadi seorang astronaut saat remaja, lalu menjadi pilot jet tempur saat lulus kuliah.

“Saya dapat pencerahan, intinya bukanlah pergi ke luar angkasa,” tutur Rush. 

“Tapi tentang menjelajah. Tentang menemukan bentuk-bentuk kehidupan baru. Saya ingin menjadi semacam Kapten Kirk,” imbuhnya menyebut tokoh dalam film Star Trek.



Sumber : Associated Press/New York Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x