Kompas TV internasional kompas dunia

Kapal Selam Wisata Titanic Ternyata Dikendalikan Pakai Gamepad, Ini Alasannya

Kompas.tv - 21 Juni 2023, 17:22 WIB
kapal-selam-wisata-titanic-ternyata-dikendalikan-pakai-gamepad-ini-alasannya
CEO OceanGate Stockton Rush ketika menunjukkan gamepad yang digunakan untuk mengemudikan kapal selam Titan kepada reporter CBS News pada November 2022 lalu. (Sumber: CBS via Ars Technica)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kapal selam Titan yang hilang ketika melalukan ekspedisi ke situs tenggelamnya Titanic ternyata menggunakan gamepad sebagai kemudi. Gamepad atau dikenal juga dengan joypad atau control pad ini umum digunakan untuk bermain gim di komputer atau Xbox.

Kapal selam Titan sendiri belum ditemukan kendati regu pencari telah menjelajahi area seluas 1.000 mil persegi per Rabu (21/6/2023). Pasokan oksigen dalam kapal itu diperkirakan hanya bisa bertahan hingga Kamis (22/6).

Berbagai pihak pun menyorot penggunaan gamepad yang terlihat seperti stik PlayStation untuk mengemudikan kapal selam. Kapal selam Titan diketahui dipasangi gamepad Logitech F710 seharga kurang lebih Rp450 ribu.

Baca Juga: Pasokan Oksigen Habis Kamis Pagi, Petugas Berjibaku Cari Kapal Selam Peneliti Titanic yang Hilang

Penggunaan kemudi gamepad ini sempat terekam ketika reporter CBS News, David Pogue meliput interior kapal selam Titan pada November 2022 lalu. CEO OceanGate, perusahaan yang menawarkan jasa ekspedisi ke situs tengelamnya Titanic, Stockton Rush menyebut gamepad itu digunakan untuk mengoperasikan kapal selam.

"Kami menjalankan segalanya dengan kontroler gim ini," kata Rush kepada CBS via Ars Technica.

Meskipun demikian, kontroler gim ternyata umum dipakai dalam kapal selam mini yang beroperasi untuk keperluan wisata. Jurnalis NZ Herald, Thomas Bywater mengungkapkan bahwa kapal selam turis di Queensland, Australia juga menggunakan kemudi yang mirip.

Kapal selam itu disebut menggunakan stik PlayStation sebagai kemudi. Alat seperti demikian dinilai efisien untuk mengemudikan kapal selam.

Mantan pengemudi kapal selam OceanGate, Erika Bergman menjelaskan bahwa kontroler gim digunakan karena murah dan sederhana, sehingga dapat diganti-ganti ketika salah satunya rusak.

"Kami punya alat kemudi buatan juga, tetapi kami menggunakan kontroler karena itu mudah diganti," kata Bergman dikutip NZ Herald.

Per Rabu (21/6), keberadaan kapal selam Titan yang hilang kontak sejak Minggu (18/6) lalu belum diketahui. Terdapat lima penumpang dalam kapal ini, termasuk CEO OceanGate dan empat turis.

Baca Juga: Segala yang Perlu Diketahui tentang Kapal Selam Titan yang Hilang Saat Meneliti Titanic


 

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x