Kompas TV internasional kompas dunia

Amerika Serikat Benarkan China Punya Pusat Mata-mata di Kuba Sejak Tahun 2019

Kompas.tv - 12 Juni 2023, 07:43 WIB
amerika-serikat-benarkan-china-punya-pusat-mata-mata-di-kuba-sejak-tahun-2019
Amerika Serikat benarkan bahwa China mengoperasikan pusat mata-mata di Kuba sejak 2019, bagian upaya global Beijing meningkatkan kemampuan pengumpulan intelijen, menurut seorang pejabat pemerintah Biden seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Minggu, (11/6/2023). (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Amerika Serikat benarkan bahwa China mengoperasikan pusat mata-mata di Kuba sejak 2019, bagian upaya global Beijing meningkatkan kemampuan pengumpulan intelijen, menurut seorang pejabat pemerintah Biden seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Minggu, (11/6/2023).

Pejabat yang tidak diizinkan untuk berkomentar secara publik dan berbicara dengan syarat anonim itu mengatakan komunitas intelijen Amerika Serikat mengetahui untuk beberapa waktu akan adanya mata-mata China dari Kuba dan upaya yang lebih besar untuk mendirikan operasi pengumpulan intelijen di seluruh dunia.

Pemerintahan Biden meningkatkan upaya menghentikan dorongan China memperluas operasi mata-mata, dan percaya membuat beberapa kemajuan melalui diplomasi dan tindakan lain yang tidak disebutkan, menurut pejabat yang akrab dengan intelijen Amerika Serikat tentang masalah tersebut.

Adanya pusat mata-mata China dikonfirmasi setelah The Wall Street Journal (WSJ) melaporkan pada hari Kamis bahwa China dan Kuba mencapai kesepakatan prinsip untuk membangun sebuah stasiun penyadapan elektronik di pulau itu.

WSJ melaporkan bahwa China berencana membayar Kuba yang sedang kesulitan keuangan dengan miliaran dolar sebagai bagian dari negosiasi tersebut.

Gedung Putih menyebut laporan tersebut tidak akurat.

"Saya telah melihat laporan pers tersebut, laporan tersebut tidak akurat," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby dalam wawancara dengan MSNBC hari Kamis, "Yang bisa saya katakan adalah sejak awal pemerintahan ini, kami mengkhawatirkan aktivitas pengaruh China di seluruh dunia; terutama di belahan bumi ini dan di wilayah ini, kami mengawasinya dengan sangat ketat."

Komunitas intelijen Amerika Serikat menentukan bahwa mata-mata China dari Kuba merupakan masalah yang "berkelanjutan" dan "bukan perkembangan baru," kata pejabat administrasi tersebut.

Baca Juga: China Capai Kesepakatan Rahasia Jadikan Kuba Markas Mata-Mata, Respons AS Mengejutkan

Gedung Pentagon dilihat dari atas pesawat di Washington DC, Amerika Serikat (AS). Amerika Serikat benarkan bahwa China mengoperasikan pusat mata-mata di Kuba sejak 2019, bagian upaya global Beijing meningkatkan kemampuan pengumpulan intelijen, menurut seorang pejabat pemerintah Biden seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Minggu, (11/6/2023). (Sumber: Xinhua/Liu Jie)

Wakil Menteri Luar Negeri Kuba, Carlos Fernández de Cossío, juga membantah laporan tersebut dalam sebuah postingan di Twitter hari Sabtu.

"Spekulasi yang mencemarkan nama baik ini terus berlanjut, jelas dipromosikan oleh beberapa media untuk menyebabkan kerugian dan kepanikan tanpa mengamati pola komunikasi yang layak dan tanpa memberikan data atau bukti untuk mendukung apa yang mereka sebarkan," tulisnya.

Tim keamanan nasional Presiden Joe Biden diberi informasi oleh komunitas intelijen segera setelah ia menjabat pada Januari 2021 tentang sejumlah upaya sensitif China di seluruh dunia di mana Beijing sedang mempertimbangkan memperluas infrastruktur logistik, pangkalan, dan pengumpulan sebagai bagian dari upaya Tentara Pembebasan Rakyat untuk memperluas pengaruhnya, kata pejabat tersebut.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x