Kompas TV internasional kompas dunia

Partai CNRT Xanana Gusmao Menang Pemilu Parlemen Timor Leste, Raih 41,6 Persen Suara

Kompas.tv - 23 Mei 2023, 19:17 WIB
partai-cnrt-xanana-gusmao-menang-pemilu-parlemen-timor-leste-raih-41-6-persen-suara
Partai CNRT Timor Leste yang dipimpin Xanana Gusmao memenangkan pemilihan parlemen namun tidak berhasil meraih mayoritas mutlak, demikian hasil resmi yang diumumkan hari Selasa (23/5/2023). Hasil pemilihan hari Minggu membuka jalan bagi kembali berkuasanya Xanana Gusmao, yang berusia 76 tahun, sebagai Presiden pertama Timor Timur, jika ia dapat membentuk koalisi. (Sumber: France24)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

DILI, KOMPAS.TV – Partai CNRT Timor Leste yang dipimpin Xanana Gusmao memenangkan pemilihan parlemen namun tidak berhasil meraih mayoritas mutlak. Demikian hasil resmi yang diumumkan hari Selasa (23/5/2023) seperti dilaporkan oleh France24.

Partai oposisi Kongres Nasional untuk Rekonstruksi Timor (CNRT) memimpin dengan 41,6 persen suara, sementara pesaing utamanya dan pemimpin koalisi petahana, Fretilin, memperoleh 25,7 persen, menurut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Timor Leste.

Hasil pemilihan hari Minggu membuka jalan bagi kembali berkuasanya Xanana Gusmao, yang berusia 76 tahun, sebagai Presiden pertama Timor Leste, jika ia dapat membentuk koalisi.

Jika tidak ada pemenang mutlak, konstitusi memberikan kesempatan kepada partai dengan suara terbanyak untuk membentuk koalisi.

Para pemilih memberikan suara mereka untuk 65 kursi di parlemen, dengan harapan mengakhiri kebuntuan politik di negara termuda di Asia ini.

CNRT berhasil meraih 31 kursi, dan akan bekerja sama dengan satu atau lebih partai lain.

Baca Juga: Jokowi Beri Waktu Sambutan pada Timor Leste yang Baru Pertama Kali Ikut KTT ASEAN


Partai ini memenangkan pemilihan presiden tahun lalu, dengan sekutu Gusmao dan penerima Nobel Perdamaian, Jose Ramos-Horta, menjabat sebagai presiden.

Namun, Fretilin, yang sebelumnya dikenal sebagai Front Revolusioner untuk Timor Timur Merdeka, memimpin pemerintahan koalisi petahana dalam pemilihan hari Minggu.

Fretilin berjuang untuk mengakhiri pendudukan Indonesia di Timor Timur, dan Gusmao memimpin sayap militer mereka.

Xanana menghabiskan tahun-tahun terakhir masa pendudukan di balik jeruji, dan terpilih sebagai Presiden pertama Timor Timur tahun 2002 setelah negara ini merdeka.

Xanana memisahkan diri dari Fretilin tahun 2007 untuk mendirikan CNRT. Pada tahun itu, dia menjadi perdana menteri dan menjabat hingga tahun 2015.



Sumber : France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x