Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Larang 500 Warga AS Masuk ke Negaranya, Termasuk Mantan Presiden Barack Obama

Kompas.tv - 20 Mei 2023, 12:50 WIB
rusia-larang-500-warga-as-masuk-ke-negaranya-termasuk-mantan-presiden-barack-obama
Mantan Presiden AS Barack Obama. Ia termasuk dalam total 500 warga AS yang dilarang masuk ke Rusia oleh negara tersebut. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Gading Persada

MOSKOW, KOMPAS.TV - Rusia melarang 500 warga Amerika Serikat (AS) untuk masuk ke negaranya.

Rusia mengumumkan hal itu pada Jumat (19/5/2023) kemarin, dengan melarang masuk sekitar 500 sosok penting AS, termasuk di antaranya adalah mantan Presiden AS Barack Obama.

“Pelarangan ini merupakan respons dari sanksi reguler anti-Rusia yang dikeluarkan Pemerintahan Joe Biden,” bunyi pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Rusia dikutip dari CNN.

Baca Juga: Zelenskyy Mengamuk dan Serang Pemimpin Arab, Menuduh Mereka Tutup Mata atas Invasi Rusia ke Ukraina

Selain Obama, mantan Duta Besar AS, Jon Huntsman, sejumlah senator dan kandidat kuat Ketua Kepala Staf Gabungan, Charles Q. Brown Jr.

Beberapa pembaca acara TV AS, seperti Jimmy Kimmel, Stephen Colbert dan Set Maeyers, juga termasuk di dalamnya.

“Daftar 500 terlampir, juga termasuk mereka yang berada di Lembaga pemerintah, dan penegak hukum yang terlibat langsung dalam penganiauaan terhadap para pembangkang yang disebut ‘Menyerbu Capitol’,” tambah pernyataan itu.


 

Hal itu merujuk pada para pendukung mantan Presiden Donald Trump yang mencoba menghentikan sertifikasi Biden sebagai Presiden AS, dengan mencoba menyerang Gedung Capitol, 6 Januari 2021.

Beberapa bulan setelah kejadian, Presiden Rusia, Vladimir Putin sebelumnya sempat mempertanyakan penangkapan dari para perusuh itu.

Ia mengatakan bahwa orang-orang itu datang ke Congres karena memiliki permintaan politik.

Baca Juga: Akhirnya, AS Dukung Pemberian Jet Tempur F-16 ke Ukraina Usai Sempat Menolak

Kementerian Luar Negeri Rusia pun menjustifikasi pelarangan tersebut.

“Ini waktu terbaik bagi Washington untuk belajar bahwa tak sedikit pun serangan jahat ke Rusia bisa datang tanpa adanya reaksi keras,” tutur mereka.

Mereka juga tidak merinci pengaduan terhadap setiap individu, atau menjelaskan apa arti sanksi tersebut di luar larangan memasuk Rusia.



Sumber : CNN


BERITA LAINNYA



Close Ads x