Kompas TV internasional kompas dunia

Bekas Diktator Sudan Omar al-Bashir Tidak Diketahui Keberadaannya Usai Serangan ke Penjara

Kompas.tv - 26 April 2023, 07:34 WIB
bekas-diktator-sudan-omar-al-bashir-tidak-diketahui-keberadaannya-usai-serangan-ke-penjara
Serangan terhadap penjara tempat penahanan mantan penguasa Sudan yang digulingkan, Omar al-Bashir, menimbulkan pertanyaan tentang keberadaannya, dengan salah satu pihak yang berperang mengatakan bahwa dia ditahan di lokasi aman dan pihak lain yang mengklaim dia telah dibebaskan. (Sumber: France24 via AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

KAIRO, KOMPAS.TV — Serangan terhadap penjara tempat penahanan mantan penguasa Sudan yang digulingkan, Omar al-Bashir, menimbulkan pertanyaan tentang keberadaannya, dengan salah satu pihak yang berperang mengatakan bahwa dia ditahan di lokasi aman dan pihak lain yang mengklaim dia telah dibebaskan, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Rabu (26/4/2023).

Al-Bashir, yang memerintah Sudan selama tiga dekade meskipun ada perang dan sanksi, digulingkan dalam pemberontakan rakyat tahun 2019. Al-Bashir adalah buronan Mahkamah Pidana Internasional atas tuduhan genosida dan kejahatan lain yang dilakukan selama konflik di wilayah Darfur, Sudan bagian barat pada tahun 2000-an.

Dia dan pejabat tinggi lainnya yang dituduh melakukan kekejaman selama ini ditahan di penjara Kober di Khartoum selama empat tahun terakhir, karena pihak berwenang menolak permintaan Mahkamah Pidana Internasional agar mereka diserahkan. Militer Sudan dan Pasukan Dukungan Cepat paramiliter, yang bersama-sama menggulingkan al-Bashir dari kekuasaan selama protes massal, kini saling bertempur di seluruh ibu kota.

Pertempuran mencapai penjara akhir pekan lalu, dengan laporan yang saling bertentangan tentang apa yang terjadi.

Pejabat militer memberitahu Associated Press bahwa al-Bashir, serta Abdel-Rahim Muhammad Hussein dan Ahmed Haroun, yang menjabat posisi keamanan tinggi selama krisis Darfur, telah dipindahkan ke fasilitas medis yang dikelola oleh militer di Khartoum dengan pengamanan ketat untuk keselamatan mereka sendiri.

Pejabat-pejabat itu berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak diizinkan untuk membahas masalah ini dengan media.

Tentara kemudian menuduh Pasukan Dukungan Cepat RSF mengenakan seragam militer dan menyerang penjara, mengatakan mereka membebaskan tahanan dan merampok fasilitas tersebut.

Baca Juga: Konflik di Sudan, Pemerintah Indonesia Evakuasi 538 WNI dari Sudan ke Jeddah


Pasukan Dukungan Cepat, yang dipimpin oleh Jenderal Mohammed Hamdan Dagalo, membantah tuduhan tersebut dan mengklaim bahwa militer secara paksa mengungsikan fasilitas tersebut sebagai bagian dari rencana untuk mengembalikan al-Bashir ke kekuasaan.

Sementara itu, media lokal menyiarkan pernyataan audio yang diduga dari Haroun di mana ia mengatakan bahwa ia dan pejabat-pejabat mantan lainnya dibiarkan di kompleks penjara yang dijaga oleh sejumlah kecil pasukan keamanan, dan kemudian diperbolehkan untuk bebas.

Ia mengatakan mereka meninggalkan penjara untuk keselamatan mereka sendiri karena adanya pertempuran dan kelangkaan makanan atau air. Ia tidak menyebutkan al-Bashir atau mengatakan di mana ia dan pejabat-pejabat lainnya berada.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x