Kompas TV internasional kompas dunia

Joe Biden Resmi Umumkan Kembali Maju dalam Pemilihan Presiden 2024: Mari Kita Selesaikan Tugas Ini

Kompas.tv - 26 April 2023, 02:05 WIB
joe-biden-resmi-umumkan-kembali-maju-dalam-pemilihan-presiden-2024-mari-kita-selesaikan-tugas-ini
Joe Biden hari Selasa, (25/4/2023) secara resmi mengumumkan dirinya kembali maju dalam pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2024, meminta para pemilih memberikan kesempatan lebih kepada dirinya untuk menyelesaikan tugas ini dan memperpanjang masa jabatan presiden tertua Amerika untuk empat tahun lagi. (Sumber: AP Photo/Susan Walsh)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat Joe Biden secara resmi mengumumkan dirinya kembali maju dalam pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2024. Dia meminta para pemilih memberikan kesempatan lebih kepadanya untuk "menyelesaikan tugas ini" dan memperpanjang masa jabatan presiden tertua Amerika untuk empat tahun lagi.

Biden, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Selasa (25/4/2023), yang akan berusia 86 tahun pada akhir masa jabatan kedua, bertaruh bahwa prestasi legislatif masa jabatan pertamanya dan pengalaman lebih dari 50 tahun di Washington akan dihargai lebih daripada kekhawatiran tentang usianya.

Dia menghadapi jalur yang mulus untuk memenangkan nominasi partainya, tanpa adanya pesaing serius dari Partai Demokrat. Namun, dia tetap dihadapkan pada perjuangan yang berat untuk mempertahankan kepresidenan dalam sebuah negara yang terbelah.

Pengumuman tersebut, dalam sebuah video selama tiga menit, dilakukan pada hari ulang tahun empat tahun sejak Biden mengumumkan pencalonannya dalam Pemilihan Presiden tahun 2019, dengan janji untuk menyembuhkan "jiwa bangsa" yang tergoncang akibat masa jabatan penuh kontroversi Donald Trump - sebuah tujuan yang belum tercapai.

"Saya mengatakan kita berada dalam pertempuran untuk jiwa Amerika, dan kita masih berada di dalamnya," kata Biden.

"Pertanyaan yang kita hadapi adalah apakah di tahun-tahun mendatang kita akan memiliki lebih banyak kebebasan atau lebih sedikit kebebasan. Lebih banyak hak atau lebih sedikit hak."

Meskipun kemungkinan mencalonkan diri kembali sudah menjadi hal yang pasti bagi sebagian besar presiden modern, hal itu tidak selalu berlaku untuk Biden.

Baca Juga: Joe Biden Bakal Umukan Ikut Pemilihan Presiden AS 2024 Hari Ini, Bertarung Lagi dengan Donald Trump?

Joe Biden, Selasa (25/4/2023) secara resmi mengumumkan dirinya kembali maju dalam pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2024, meminta para pemilih memberikan kesempatan lebih kepada dirinya untuk menyelesaikan tugas ini dan memperpanjang masa jabatan presiden tertua Amerika untuk empat tahun lagi. (Sumber: AP Photo/Patrick Semansky)

Sejumlah pemilih Demokrat menunjukkan mereka lebih memilih agar Biden tidak mencalonkan diri lagi, sebagian karena usianya, kekhawatiran yang diakui oleh Biden sebagai "benar-benar sah" tetapi tidak dihadapi secara langsung dalam pesan videonya.

Namun, sedikit hal yang bisa menyatukan pemilih Demokrat seperti kemungkinan kembalinya Trump berkuasa.

Posisi politik Biden dalam partainya cukup stabil setelah Demokrat meraih kinerja yang lebih baik dari yang diharapkan dalam pemilihan paruh waktu tahun lalu.

Presiden ini berencana untuk mencalonkan diri lagi dengan tema yang sama yang mengangkat partainya pada musim gugur tahun lalu, terutama dalam menjaga akses terhadap aborsi.

"Kebebasan. Kebebasan pribadi adalah hal mendasar dalam jati diri kita sebagai warga Amerika. Tidak ada yang lebih penting. Tidak ada yang lebih suci," kata Biden dalam video peluncuran, menggambarkan ekstremis Partai Republik mencoba membatasi akses terhadap aborsi, memotong jaminan sosial, membatasi hak suara, dan melarang buku-buku yang mereka tidak setujui. "Di seluruh negeri, ekstremis MAGA berbaris untuk merebut kebebasan-kebebasan dasar itu."

"Ini bukan saatnya menjadi acuh tak acuh," tambah Biden. "Itulah mengapa saya maju untuk mencalonkan diri kembali."

Seiring bentuk kampanye mulai terbentuk, Biden berencana untuk berkampanye berdasarkan rekam jejaknya. Dia menghabiskan dua tahun pertamanya sebagai presiden untuk melawan pandemi Covid-19 dan mendorong undang-undang besar seperti paket infrastruktur bipartisan dan legislasi untuk mendorong manufaktur berbasis teknologi tinggi dan langkah-langkah iklim.

Baca Juga: Donald Trump Mulai Kampanye Pilpres AS 2024: Ada Urusan yang Belum Selesai

Donald Trump kemungkinan akan kembali menjadi pesaing Joe Biden di Pilpres 2024 Amerika Serikat. (Sumber: AP Photo)


Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x