Kompas TV internasional kompas dunia

Joe Biden Bakal Umukan Ikut Pemilihan Presiden AS 2024 Hari Ini, Bertarung Lagi dengan Donald Trump?

Kompas.tv - 25 April 2023, 12:53 WIB
joe-biden-bakal-umukan-ikut-pemilihan-presiden-as-2024-hari-ini-bertarung-lagi-dengan-donald-trump
Presiden AS, Joe Biden. (Sumber: AP Photo/Susan Walsh)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Iman Firdaus

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, pada Selasa (25/4/2023),  akan mengumumkan dirinya kembali ikut pemilihan Presiden 2024.

Biden diyakini bakal meminta pemilihnya untuk memberikan lebih banyak waktu lagi untuk menyelesaikan pekerjaannya sejak ia terpilih dalam pemilihan Presiden AS 2020.

Hal itu membuat kemungkinan kembali terjadinya pesaingan dan rivalitas antara Biden dan Donald Trump yang sengit pada pemilihan presiden 2020 sangat besar.

Trump terus menegaskan dirinya akan kembali ikut dalam pemilihan Presiden AS 2024, meski saat ini tengah tersandung sejumlah kasus.

Baca Juga: Penerbangan ke Israel dari AS Putar Balik di Udara Gegara Pertengkaran Penumpang dan Pramugari

Trump juga disebut sebagai salah satu calon kuat dari Republik untuk pemilihan presiden 2024.

Dikutip dari Associated Press, pengumuman itu akan bersamaan dengan ketika Biden mendeklarasikan keikutsertaannya dalam pemilihan presiden 2020, empat tahun lalu.

Meski begitu, dilaporkan sebagian besar pemilih Demokrat mengindikasikan bahwa mereka lebih suka ia tak mencalonkan diri.

Sebagian besar dikarenakan usianya, di mana saat ini sudah berusia 80 tahun, sebuah kekhawatiran yang oleh Biden sendiri disebut benar-benar sah.

Meski begitu, beberapa hal telah menyatukan pemilih Demokrat, salah satunya prospek kembalinya Trump ke kekuasaan.

Posisi politik Biden di dalam partainya juga menjadi lebih stabil setelah Demokrat membukukan kinerja yang lebih kuat dari perkiraan dalam pemilihan paruh waktu tahun lalu.

Seperti dilansir oleh The Guardian, menyusul kinerja Demokrat yang lebih baik dari perkiraan pada waktu November, Biden terbuka tentang niatnya untuk mencalonkan diri pada masa jabatan kedua.

Baca Juga: Waduh! Taiwan Ungkap Mi Instan Indonesia dan Malaysia Miliki Zat Berbahaya Pemicu Kanker

Selama berbulan-bulan, pertanyaannya bukanlah apakan ia akan mencalonkan diri, tetapi kapan dan bagaimana ia akan mengumumkannya.


 

Tepat sebelum meninggalkan Irlandia awal bulan ini, Biden menyatakan bahwa perjalanan leluhur telah memperkuat rasa optimisme, tetang apa yang mungkin ia capai.

Ia mengatakan kepada wartawan bahwa penghitungan pada masa jabatan kedua telah selesai, dan ia berencana untuk mencalonkan diri.

Biden pun terus menyerukan pengumuman akan datang relatif segera.



Sumber : Associated Press/The Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x