Kompas TV internasional kompas dunia

Kesepakatan Menggemparkan Menlu Iran dan Arab Saudi dalam Pertemuan Resmi di Beijing Hari Ini

Kompas.tv - 6 April 2023, 17:51 WIB
kesepakatan-menggemparkan-menlu-iran-dan-arab-saudi-dalam-pertemuan-resmi-di-beijing-hari-ini
Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud dan mitranya dari Iran, Hossein Amirabdollahian di Beijing. Arab Saudi dan Iran hari Kamis (6/4/2023) di Beijing mengumumkan kesepakatan untuk melanjutkan hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan di ibu kota mereka, sekaligus menyepakati agenda bersama untuk melanjutkan hubungan ekonomi dan mengejar stabilitas regional. (Sumber: AP Photo/IRNA)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BEIJING, KOMPAS.TV - Arab Saudi dan Iran di Beijing mengumumkan kesepakatan untuk melanjutkan hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan besar di ibu kota mereka, Kamis (6/4/2023). Kedua negara juga sekaligus menyepakati agenda bersama untuk melanjutkan hubungan ekonomi dan mengejar stabilitas regional. 

Kesepakatan Iran dan Arab Saudi itu dipandang sebagai kesepakatan penting yang menggemparkan dalam rekonsiliasi menyusul ketegangan selama tujuh tahun, seperti laporan Associated Press.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning, menteri luar negeri dari kedua negara telah menandatangani pernyataan bersama dan berkomitmen untuk meningkatkan hubungan mereka selaras dengan pembicaraan mereka di Beijing bulan lalu.

Kantor berita resmi Iran, IRNA, melaporkan bahwa sebagai bagian dari kesepakatan pada hari Kamis, kedua negara akan membuka kembali kantor perwakilan atau kedutaan besar di ibu kota masing-masing dan di dua kota besar lainnya, Masyhad di Iran dan Jeddah di Arab Saudi.

Kedua negara juga sepakat mempelajari kemungkinan memulihkan penerbangan dan kunjungan resmi dan pribadi antara kedua negara serta memfasilitasi proses visa untuk orang-orang mereka.

Pemulihan hubungan ini akan menurunkan kemungkinan konflik bersenjata antara kedua saingan Timur Tengah dan konflik proksi di sekitar kawasan, dan merupakan kemenangan diplomatik menggemparkan bagi China karena negara-negara Teluk Arab menganggap Amerika Serikat (AS) perlahan-lahan pudar pengaruhnya dari Timur Tengah.

Kedua negara sepakat berusaha untuk mengakhiri perang panjang di Yaman, sebuah konflik di mana Iran dan Arab Saudi terlibat kuat.

Baca Juga: Arab Saudi Merapat ke China, Gabung Blok Keamanan Tiongkok-Rusia: Organisasi Kerja Sama Shanghai

Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud dan mitranya dari Iran, Hossein Amirabdollahian di Beijing. Arab Saudi dan Iran hari Kamis (6/4/2023) di Beijing mengumumkan kesepakatan untuk melanjutkan hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan di ibu kota mereka, sekaligus menyepakati agenda bersama untuk melanjutkan hubungan ekonomi dan  mengejar stabilitas regional. (Sumber: AP Photo)

Pada Kamis pagi, TV Al-Ekhbariya yang dikelola pemerintah Arab Saudi menayangkan Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud dan mitranya dari Iran, Hossein Amirabdollahian, berjabat tangan dan duduk berdampingan. TV pemerintah Iran mengatakan kedua menteri bertemu untuk membahas rincian pembukaan kembali kedutaan.

Ini adalah pertemuan formal pertama diplomat senior dari kedua negara sejak 2016, ketika kerajaan memutuskan hubungan dengan Iran setelah pengunjuk rasa menyerbu pos diplomatik Saudi di sana.

Arab Saudi mengeksekusi seorang ulama Syiah terkemuka bersama 46 orang lainnya beberapa hari sebelumnya, yang memicu demonstrasi.

Mao mengatakan bahwa menghangatnya hubungan menunjukkan bahwa "negara-negara kawasan memiliki kemauan dan kemampuan untuk memimpin" dalam menjaga perdamaian.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x