Kompas TV internasional kompas dunia

Arab Saudi Merapat ke China, Gabung Blok Keamanan Tiongkok-Rusia: Organisasi Kerja Sama Shanghai

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 08:58 WIB
arab-saudi-merapat-ke-china-gabung-blok-keamanan-tiongkok-rusia-organisasi-kerja-sama-shanghai
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz dilaporkan setuju bergabung dengan Organisasi Kerja Sama Shanghai sebagai mitra dialog, seperti laporan Saudi Press Agency hari Rabu, (29/3/2023) menjadi indikasi terbaru dari hubungan politik yang lebih merapat dengan China. (Sumber: Saudi Press Agency SPA)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

RIYADH, KOMPAS.TV - Arab Saudi dilaporkan setuju bergabung dengan Organisasi Kerja Sama Shanghai sebagai mitra dialog, seperti laporan Saudi Press Agency Rabu, (29/3/2023) menjadi indikasi terbaru dari hubungan politik yang lebih merapat dengan China.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz menyetujui Nota Kesepahaman (MoU) yang memberikan Arab Saudi status mitra dialog dalam Organisasi Kerja Sama Shanghai, Kantor Pers resmi Saudi (SPA) melaporkan pada hari Selasa.

Organisasi Kerja Sama Shanghai adalah organisasi politik, ekonomi, keamanan dan pertahanan internasional Eurasia. Ini termasuk India, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Rusia, Tajikistan, Pakistan, dan Uzbekistan, dengan Iran akan segera bergabung.

Organisasi Kerja Sama Shanghai didirikan pada tahun 2001 sebagai organisasi politik, ekonomi dan keamanan untuk menyaingi institusi Barat.

Selain China, delapan anggotanya termasuk India, Pakistan, dan Rusia, serta empat negara Asia Tengah – Kazakhstan, Kyrgyzstan, Uzbekistan, dan Tajikistan.

Kabinet Arab Saudi menyetujui keputusan tersebut pada pertemuan pada hari Selasa yang dipimpin oleh Raja Salman.

Baca Juga: Xi Jinping Telepon Putra Mahkota Arab Saudi, Dukung Habis-habisan Perdamaian Negara Itu dengan Iran

Arab Saudi dilaporkan setuju bergabung dengan Organisasi Kerja Sama Shanghai sebagai mitra dialog, seperti laporan Saudi Press Agency hari Rabu, (29/3/2023) menjadi indikasi terbaru dari hubungan politik yang lebih merapat dengan China. (Sumber: Twitter)

Langkah itu akan memberi Riyadh "status mitra dialog di Organisasi Kerja Sama Shanghai", katanya. Negara-negara lain dengan status pengamat atau mitra dialog termasuk Mesir, Iran dan Qatar.

Langkah Riyadh untuk bermitra dengan blok tersebut dilakukan kurang dari tiga minggu setelah kesepakatan rekonsiliasi penting Arab Saudi dan Iran yang difasilitasi China, untuk memulihkan hubungan diplomatik penuh yang terputus tujuh tahun lalu.

Saingan sengit lama, Iran yang mayoritas Syiah dan sebagian besar Sunni Arab Saudi telah terlibat dalam serangkaian konflik proksi di wilayah tersebut, seperti pertempuran yang berlarut-larut di Yaman.

Riyadh mengatakan meskipun terlibat dalam putaran pembicaraan bilateral sebelumnya dengan Teheran, proses rekonsiliasi dimulai dengan tawaran Presiden Xi Jinping tahun lalu untuk berfungsi sebagai "jembatan" antara dua kelas berat Timur Tengah itu.

Peran Xi dalam pemulihan hubungan Iran dan Arab Saudi mengejutkan berbagai kekuatan dunia, mengingat kemitraan Arab Saudi yang secara tradisional dekat dengan Washington, meskipun hubungan itu tegang baru-baru ini karena perselisihan tentang HAM dan produksi minyak.


 

Di Washington, juru bicara Departemen Luar Negeri Vedant Patel mengecilkan dampak langkah China, dengan mengatakan bahwa hal itu sudah lama diperkirakan, “Setiap negara memiliki hubungan sendiri-sendiri,” kata Patel.

Xi, dalam panggilan telepon hari Selasa dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, putra Raja Salman dan penguasa de facto negara Teluk, memuji apa yang disebutnya meredakan ketegangan di Timur Tengah.

Dalam komentar pertamanya tentang masalah yang akan dipublikasikan sejak kesepakatan Saudi-Iran tercapai, Xi mengatakan dialog yang dipromosikan oleh China akan “memainkan peran utama dalam memperkuat persatuan dan kerja sama regional”. 



Sumber : Kompas TV/Saudi Press Agency SPA/Saudi Gazette


BERITA LAINNYA



Close Ads x