Kompas TV internasional kompas dunia

Inilah Ras Anjing Paling Populer di Amerika Serikat Tahun 2022, Berasal dari Prancis

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 04:30 WIB
inilah-ras-anjing-paling-populer-di-amerika-serikat-tahun-2022-berasal-dari-prancis
Untuk pertama kalinya dalam tiga dekade, Amerika Serikat memiliki ras anjing kesayangan yang baru, menurut American Kennel Club seperti dilaporkan Associated Press, Rabu, (15/3/2023). Ras anjing terpopuler tahun 2022 itu adalah ras French Bulldog. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

NEW YORK, KOMPAS.TV – Untuk pertama kalinya dalam tiga dekade, Amerika Serikat (AS) memiliki ras anjing kesayangan yang baru, menurut American Kennel Club seperti dilaporkan Associated Press, Rabu (15/3/2023). Ras anjing terpopuler tahun 2022 itu adalah ras French Bulldog.

Menarik di mata sebagian orang, dan tidak disukai sebagian orang lain, ras anjing French Bulldog yang berbadan kuat, wajah pesek dengan telinga yang tegak dan terlihat selalu lelah dengan cara yang khas, menjadi ras anjing murni yang paling banyak ditemukan di AS tahun lalu, seperti yang diumumkan oleh klub pada hari Rabu (15/3). Frenchies menggantikan Labrador Retriever dari posisi teratas setelah 31 tahun berturut-turut.

Mengapa? 

“Mereka lucu, ramah, dan penyayang,” kata juru bicara French Bull Dog Club of America, Patty Sosa. Cocok untuk di kota-kota, dengan kebutuhan perawatan dan olahraga yang sedikit, katanya, “mereka (French Bulldog) menawarkan banyak hal dalam ukuran yang mungil.”

Namun, kenaikan Frenchies yang cepat, sekitar seperempat abad yang lalu mereka bahkan tidak masuk dalam 75 ras anjing teratas, membuat penggemarnya khawatir, apalagi para kritikusnya.

Anjing bulldog kecil dan populer ini sering menjadi sasaran pencurian, termasuk penembakan fatal terhadap seorang peternak di Carolina Selatan berusia 76 tahun bulan lalu dan penembakan seorang penjaga anjing di California tahun 2021 yang saat itu sedang mengantar hewan peliharaan penyanyi Lady Gaga.

Ada kekhawatiran bahwa permintaan, ditambah dengan harga premium yang akan dibayar oleh pembeli untuk warna dan tekstur bulu yang "eksotis", akan menghasilkan pembudidaya yang hanya mencari untung cepat dan menghasilkan anjing yang tidak sehat.

Baca Juga: Bobi, Anjing Penjaga Ternak Berusia 30 Tahun Dinobatkan sebagai Anjing Tertua di Dunia

Anjing ras Beagle asal Inggris. Untuk pertama kalinya dalam tiga dekade, Amerika Serikat memiliki ras anjing kesayangan yang baru, menurut American Kennel Club seperti dilaporkan Associated Press, Rabu, (15/3/2023). Ras anjing terpopuler tahun 2022 itu adalah ras French Bulldog. (Sumber: AP Photo)

Popularitas ras anjing ini semakin memperkuat perdebatan tentang apakah memperbanyak anjing yang rentan terhadap masalah pernapasan, tulang belakang, mata, dan kulit itu sehat atau tidak.

Asosiasi Dokter Hewan Inggris telah menyerukan agar orang tidak membeli ras anjing dengan wajah pesek, seperti Frenchies. Belanda telah melarang pembiakan anjing dengan hidung yang sangat pesek itu, dan menteri pertanian negara tersebut berencana melarang kepemilikan anjing seperti itu.

“French Bulldog bisa menjadi topik yang kontroversial,” kata Dr. Carrie Stefaniak, seorang dokter hewan yang berbasis di Glendale, Wisconsin, yang juga menjadi anggota komite kesehatan klub Frenchie.

Dia telah merawat French Bulldog dengan masalah pernapasan, dan dia menekankan calon pemilik harus melakukan riset tentang pembudidaya dan pengujian kesehatan, serta menyadari masalah tersebut dapat menjadi mahal untuk diobati.

Namun, dia bukanlah penentang Frenchies. Dia memiliki dua ekor anjing jenis itu dan telah melatih mereka untuk berlari melalui rintangan dan melakukan pendakian di bukit.

"Anjing-anjing ini bisa sangat bugar, bisa sangat aktif," kata Stefaniak. "Mereka tidak harus menjadi anjing-anjing yang tidak bisa bernapas dan tidak bisa bergerak."



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x