Kompas TV internasional kompas dunia

Bobi, Anjing Penjaga Ternak Berusia 30 Tahun Dinobatkan sebagai Anjing Tertua di Dunia

Kompas.tv - 3 Februari 2023, 21:18 WIB
bobi-anjing-penjaga-ternak-berusia-30-tahun-dinobatkan-sebagai-anjing-tertua-di-dunia
Seekor anjing bernama Bobi yang berusia 30 tahun, dinobatkan sebagai anjing tertua di dunia yang masih hidup dan yang pernah tercatat. Bobi saat ini tinggal di Leiria, Portugal. (Sumber: Guinnes Book of Records)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

LEIRIA, KOMPAS.TV - Seekor anjing bernama Bobi yang berusia 30 tahun, dinobatkan sebagai anjing tertua di dunia yang masih hidup dan yang pernah tercatat. Bobi saat ini tinggal di Leiria, Portugal.

Ini terjadi hanya dua minggu setelah Guinness World Records mengumumkan Spike sebagai anjing tertua yang masih hidup di dunia.

Spike adalah anjing ras chihuahua dari Ohio, Amerika Serikat dan lahir pada November 1999. Pada 7 Desember 2022, dia berusia 23 tahun, tujuh hari.

Bobi yang berusia 30 tahun, 266 hari, pada Rabu (1/2/2023), merupakan ras murni Rafeiro do Alentejo. Ras tersebut terkenal di Portugal sebagai ras anjing penjaga ternak dengan harapan hidup rata-rata 12 hingga 14 tahun. 

Bobi telah menjalani seluruh hidupnya dengan keluarga Costa di desa Conqueiros, di Leiria, Portugal.

Pada 1992, Bobi terdaftar di Layanan Medis Hewan Kotamadya Leiria, yang juga mengonfirmasi tanggal lahir Bobi.

Usia Bobi juga telah diverifikasi oleh SIAC, database hewan peliharaan yang disahkan oleh pemerintah Portugal dan dikelola oleh Persatuan Dokter Hewan Nasional negara tersebut.

Bobi lahir sebagai salah satu dari empat anak anjing jantan di sebuah bangunan tempat keluarga Costa menyimpan kayu.

Pemiliknya, Leonel Costa, berpikir salah satu faktor penyumbang terbesar untuk umur panjang Bobi adalah karena anjing itu tinggal di "lingkungan yang tenang dan damai" dan "jauh dari kota".

Baca Juga: Gorila Jantan Tertua di Dunia Mati di Usia 61 Tahun



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x