Kompas TV internasional kompas dunia

SAR Israel yang Bantu Gempa Turki Dituduh Selundupkan Manuskrip Kuno, Akhirnya Dikembalikan

Kompas.tv - 23 Februari 2023, 12:17 WIB
sar-israel-yang-bantu-gempa-turki-dituduh-selundupkan-manuskrip-kuno-akhirnya-dikembalikan
Pemimpin SAR Israel, Haim Otmazgin, memperlihatkan manuskrip kuno, Kitab Ester, yang dituduh diselundupkan mereka. (Sumber: Middle East Eyes)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

HATAY, KOMPAS.TV - Kelompok penyelamatan dan pencarian (SAR) Israel yang membantu gempa Turki dtuduh menyelundupkan manuskrip kuno dari Sinagog Antakya di Hatay.

Kelompok SAR itu dikerahkan ke Turki untuk memberikan bantuan atas gempa dahsyat dengan magnitudo 7,8 dan 7,5 yang melanda Turki dan Suriah.

Dikutip dari Kantor Berita Palestina WAFA, Senin (20/23/2023), penyelundupan tersebut diketahui setelah sebuah gambar dan video menunjukkan anggota tim Israel memperlihatkan manuskrip kuno Yahudi yang dituduh telah mereka curi.

Laman lokal Turki, Haber 7, mengungkapkan bahwa tim SAR Israel secara diam-diam mengambil dua manuskrip Kitab Ester yang berusia sekitar 200 tahun pada Kamis (18/2/2023).

Baca Juga: Pasukan Israel Tembak Mati 6 Warga Palestina, 50 Terluka karena Peluru Tajam

Manuskrip tersebut diambil dari Sinagog Antakya di Hatay, yang merupakan salah satu provinsi terdampak gempa.

Kementerian Kebudayaan dan Turisme Turki pada pada Minggu (19/2/2023), mengonfirmasikan bahwa Departemen Anti-Penyelundupan telah memulai investigasi atas kasus ini.

Sementara itu, seperti diungkapkan Middle East Eye, para tim SAR Israel itu sendiri dilaporkan telah mengembalikan manuskrip tersebut pada Jumat (18/2/2023).

Salah satu tempat penyelamatan yang dilakukan SAR Israel adalah komunitas Yahudi di Hatay.




Sumber : WAFA/Middle East Eye


BERITA LAINNYA



Close Ads x