Kompas TV internasional kompas dunia

Cerita Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc yang Pilih Mundur, Imbas Skandal Korupsi

Kompas.tv - 18 Januari 2023, 08:40 WIB
cerita-presiden-vietnam-nguyen-xuan-phuc-yang-pilih-mundur-imbas-skandal-korupsi
Presiden Joko Widodo dan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (22/12/2022) (Sumber: Sekertariat Presiden)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

HANOI, KOMPAS.TV - Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc secara mengejutkan mundur dari jabatannya pada Selasa (17/1/2023) kemarin. Ada apa? 

Phuc menjadi anggota paling senior pemerintah yang mundur setelah serangkaian skandal korupsi tingkat tinggi yang menjadi tanggung jawabnya.

Kantor berita Vietnam, VNA, mengabarkan, keputusan mundur disampaikan Phuc pada pertemuan khusus Komite Sentral Partai Komunis.

”(Phuc) mengambil tanggung jawab politik sebagai pemimpin ketika beberapa pejabat, termasuk dua wakil perdana menteri dan tiga menteri, melakukan pelanggaran, menyebabkan konsekuensi sangat serius,” tulis VNA, mengutip pernyataan komite sentral partai, Selasa (17/1) dikutip dari Harian Kompas.

Baca Juga: Prank Suara Desahan hingga Insiden Mati Lampu Warnai Wolves vs Liverpool

Partai Komunis Vietnam menyatakan Phuc bertanggung jawab atas kesalahan para menteri senior yang bertugas di bawahnya selama Phuc menjabar perdana menteri periode 2016-2021, atau sebelum menjadi presiden April 2021 silam. 

Dari bahasa yang digunakan untuk mengumumkan pengunduran diri tersebut, mengindikasikan secara kuat bahwa Phuc dipaksa mengundurkan diri.

Phuc tak hanya mundur dari jabatan presiden, dirinya juga mundur dari keanggotaan Politbiro dan Komite Eksekutif Komite Sentral Partai Komunis serta Ketua Dewan Pertahanan dan Keamanan Nasional Vietnam.

Baca Juga: Hampir Dua Pertiga Hiu dan Pari Terumbu Karang saat Ini Berstatus Terancam Punah

Pengunduran diri seorang presiden secara mendadak di sebuah negara komunis seperti Vietnam merupakan peristiwa yang tidak biasa. 

Dalam sejarah politik Vietnam, hanya sekali presiden mundur dari jabatannya, yaitu pada tahun 1975. Itu pun lebih karena alasan kesehatan.



Sumber : Kompas TV/Harian Kompas/VNA


BERITA LAINNYA



Close Ads x