Kompas TV internasional kompas dunia

Daftar Negara yang Berlakukan Pembatasan Covid-19 ke Pelancong China, Bagaimana dengan Indonesia?

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 20:31 WIB
daftar-negara-yang-berlakukan-pembatasan-covid-19-ke-pelancong-china-bagaimana-dengan-indonesia
Presiden China berpidato pada malam Tahun Baru 2023 dari Beijing, Sabtu (31/12/2022). Berikut daftar negara-negara yang memberlakukan pembatasan terkait Covid-19 bagi pendatang dari China. (Sumber: Ju Peng/Xinhua via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

BEIJING, KOMPAS.TV - Berbagai negara di dunia menempuh kebijakan pembatasan terkait Covid-19 bagi pelancong yang berasal dari China. Hal ini menyusul melonjaknya kasus Covid-19 di China usai sebagian besar kebijakan pembatasan dicabut sejak Desember lalu.

Negara-negara tersebut menggarisbawahi kurangnya informasi dari China mengenai gelombang infeksi dan varian yang ada. Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri meminta Beijing lebih transparan mengenai data kasus Covid-19.

Pemerintahan Xi Jinping mengkritik kebijakan pembatasan yang diberlakukan berbagai negara. Beijing mengaku sudah cukup transparan dan menyebut kebijakan pembatasan berbagai negara dilatari kepentingan politis.

"Kami yakin bahwa pembatasan entri yang diadopsi sejumlah negara dengan menyasar China kekurangan dasar keilmuan. Sejumlah praktik berlebihan tidak bisa diterima," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning dikutip The Guardian, Selasa (3/1/2023).

Baca Juga: Waspada, Varian Covid-19 yang Mengamuk China Dideteksi di Malaysia

Al Jazeera pada 2 Januari 2022 menyarikan daftar negara-negara yang kembali memberlakukan pembatasan terkait Covid-19 bagi pendatang dari China.

Amerika Serikat

AS memerintahkan tes Covid-19 wajib bagi pelancong dari China mulai 5 Januari 2023. Semua pelancong mesti menunjukkan hasil tes negatif, tidak lebih dari dua hari usai meninggalkan China, Hong Kong, atau Makau.

Inggris Raya

Pemerintah Inggris Raya mewajibkan penumpang pesawat dari China menunjukkan hasil tes Covid-19 negatif sebelum keberangkatan mulai 5 Januari.

Prancis

Pelancong China yang hendak ke Prancis wajib menunjukkan hasil tes Covid-19 negatif. Tes maksimal dilakukan 48 jam sebelum keberangkatan.
Pemerintah Prancis juga mendesak ke-26 negara anggota Uni Eropa untuk mewajibkan tes Covid-19 bagi penumpang dari China.

Australia

Menteri Kesehatan Australia Mark Butler menyatakan bahwa penumpang dari China wajib menunjukkan hasil tes Covid-19 negatif mulai 5 Januari.

India

India mewajikan hasil tes Covid-19 negatif bagi pelancong asal China, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, dan Thailand. Pelancong dari negara-negara itu akan dikarantina jika menunjukkan gejala atau hasil tesnya positif.

Kanada

Pelancong China yang mendarat di Kanada wajib menunjukkan hasil tes Covid-19 negatif. Tes maksimum dilakukan tidak lebih dari dua hari sebelum keberangkatan.

Jepang

Pemerintah Jepang mewajibkan hasil tes Covid-19 bagi pelancong asal China daratan. Apabila hasil tes menunjukkan positif, pelancong China mesti dikarantina selama tujuh hari.

Italia



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x