Kompas TV internasional kompas dunia

Cegah Bencana Nuklir Chernobyl Terulang, IAEA Temui Rusia Bahas Perlindungan PLTN di Ukraina

Kompas.tv - 23 Desember 2022, 01:05 WIB
cegah-bencana-nuklir-chernobyl-terulang-iaea-temui-rusia-bahas-perlindungan-pltn-di-ukraina
Dirjen IAEA Rafael Grossi hari Kamis (22/12/2022) di Moskow bertemu dengan pejabat militer Rusia dan perusahaan energi atom negara saat ia melakukan upaya jangka panjang untuk mendirikan zona perlindungan di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir yang diduduki Rusia di Ukraina. (Sumber: P Photo/Andriy Andriyenko)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV — Kepala pengawas nuklir PBB bertemu dengan pejabat militer Rusia dan perusahaan energi atom negara itu di Moskow, Rusia, Kamis (22/12/2022). Pertemuan itu disebut merupakan upaya jangka panjang IAEA untuk mendirikan zona perlindungan di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir yang diduduki Rusia di Ukraina.

Perusahaan Rusia Rosatom menggambarkan pembicaraan tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia Ukraina dan wilayah sekitarnya itu sebagai "substantif, berguna dan terus terang."

Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional IAEA Rafael Grossi memberi indikasi lebih banyak perundingan yang diperlukan setelah "putaran diskusi lain yang dibutuhkan" seperti laporan Associated Press.

"Sangat penting zona tersebut hanya berfokus pada pencegahan kecelakaan nuklir," cuitnya. "Saya melanjutkan upaya saya menuju tujuan ini dengan rasa sangat mendesak."

Pertemuan di Moskow terjadi sehari setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy melakukan kunjungan masa perang ke Washington DC. Kunjungan itu menjadi perjalanan pertamanya yang diketahui ke luar negaranya dalam hampir 10 bulan sejak Rusia melancarkan serangan.

Kunjungan ke Washington ditujukan untuk menghidupkan kembali dukungan bagi Ukraina di AS dan di seluruh dunia pada saat Rusia tampaknya kehilangan momentum medan perang.

Baca Juga: Rusia Laporkan PLTN Zaporizhzhia Dihujani Artileri Ukraina, IAEA Desak Agar Dihentikan

Tentara Rusia berjaga di PLTN Zaporizhzhia. Kepala pengawas nuklir PBB dari IAEA Rafael Grossi hari Kamis, (22/12/2022) di Moskow bertemu dengan pejabat militer Rusia dan perusahaan energi atom negara saat ia melakukan upaya jangka panjang untuk mendirikan zona perlindungan di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir yang diduduki Rusia di Ukraina. (Sumber: AP Photo)

Ada kekhawatiran bahwa sekutu Ukraina kelelahan dalam memberikan bantuan militer dan ekonomi yang memungkinkan Ukraina untuk terus berperang.

Militer Rusia hari Kamis melaporkan, Menteri Pertahanan Sergei Shoigu melakukan kunjungan ke pasukan Rusia di garis depan dari apa yang disebut Kremlin sebagai "operasi militer khusus" di Ukraina. Namun, lokasi pasti kunjungan itu tidak diungkapkan.

Sebuah video yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan Shoigu memeriksa markas pasukan sementara di galian dan berbicara dengan komandan militer.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x