Kompas TV internasional kompas dunia

Jurnalis BBC Ditangkap, Digebuki, lalu Dilepaskan Saat Meliput Protes Lockdown Covid-19 di Shanghai

Kompas.tv - 28 November 2022, 15:07 WIB
jurnalis-bbc-ditangkap-digebuki-lalu-dilepaskan-saat-meliput-protes-lockdown-covid-19-di-shanghai
Polisi China menahan, menggebuki lalu melepaskan seorang jurnalis BBC yang meliput protes di Shanghai hari Minggu, (27./11/2022) lalu membebaskannya setelah beberapa jam, kata BBC (Sumber: Hong Kong Free Press)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

SHANGHAI, KOMPAS.TV - Polisi China menyerang dan menahan seorang jurnalis BBC yang meliput protes di Shanghai hari Minggu, (27./11/2022) lalu membebaskannya setelah beberapa jam, kata BBC seperti dilansir Guardian, Senin, (28/11/2022).

"BBC sangat prihatin dengan perlakuan terhadap jurnalis kami Ed Lawrence, yang ditangkap dan diborgol saat meliput protes di Shanghai," kata juru bicara penyiar layanan publik Inggris.

“Dia ditahan selama beberapa jam sebelum dibebaskan. Saat ditangkap, dia dipukuli dan ditendang oleh polisi. Ini terjadi saat dia bekerja sebagai jurnalis yang terakreditasi.”

Lawrence kemudian membagikan pernyataan dari BBC di media sosial dan mengatakan setidaknya seorang warga negara China setempat ditangkap setelah mencoba menghentikan polisi dari menggebukinya.

Shanghai adalah salah satu dari sejumlah kota di China yang dilanda protes atas pembatasan Covid yang ketat. Protes berkobar dalam beberapa hari terakhir setelah kebakaran mematikan di Urumqi, Xinjiang, ujung barat China.

Rekaman di media sosial menunjukkan seorang pria yang oleh jurnalis lain diidentifikasi sebagai Lawrence ditangkap oleh pria berseragam polisi.

Baca Juga: Kisah Pekerja Pesan Antar Bermotor di China saat Lockdown Covid: Lelah Jiwa Raga, Pulang Tidak Bisa

Polisi China menyerang dan menahan seorang jurnalis BBC yang meliput protes di Shanghai hari Minggu, (27./11/2022) lalu membebaskannya setelah beberapa jam, kata BBC (Sumber: The Sun)

BBC mengatakan belum diberikan penjelasan yang kredibel atas penahanan Lawrence.

“Kami tidak memiliki penjelasan resmi atau permintaan maaf dari pihak berwenang China, selain klaim dari pejabat yang kemudian membebaskannya bahwa mereka menangkapnya untuk kebaikannya sendiri supaya tidak tertular Covid di tengah massa"

Ed Lawrence, seorang jurnalis senior dan operator kamera untuk biro BBC China, men-tweet dari lokasi protes di Shanghai hari Minggu pagi waktu Inggris.

Dia menulis, “Saya berada di lokasi protes anti-Covid-zero yang luar biasa tadi malam di Shanghai. Banyak orang berkumpul di sini dengan tenang menonton. Ada banyak polisi.”

Tweet lain dari Lawrence berbunyi “Seorang pria baru saja mendekati saya untuk mengatakan bunganya disita oleh polisi.

"Saat dia memberitahuku ini, dua polisi datang untuk menguping percakapan kami." Kedutaan Besar China di London telah didekati untuk memberikan komentar.



Sumber : Kompas TV/Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x