Kompas TV internasional kompas dunia

Demo Buruh Pabrik iPhone Terbesar di China Ricuh, Pekerja Dipukuli

Kompas.tv - 23 November 2022, 16:19 WIB
demo-buruh-pabrik-iphone-terbesar-di-china-ricuh-pekerja-dipukuli
Situasi demo buruh pabrik iPhone terbesar di China, Rabu (23/11/2022). (Sumber: Viola Zhou via Twitter)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Vyara Lestari

BEIJING, KOMPAS.TV - Aksi demonstrasi buruh Foxconn Technology Group di Zhengzhou yang berstatus sebagai pabrik iPhone terbesar di China berakhir ricuh, Rabu (23/11/2022).

Associated Press melaporkan, ribuan pekerja bermasker terlihat menghadapi barisan polisi lengkap dengan pakaian pelindung putih dan tameng anti huru-hara. Seorang pekerja tampak dipukul di bagian kepala dengan pentungan, sementara sejumlah pekerja lainnya dibawa pergi dengan posisi tangan terkekang di belakang punggung.

Para pekerja mulai keluar dari asrama pabrik tersebut Rabu (23/11) dini hari waktu setempat. Bloomberg mewartakan, peserta aksi saling berdesakan demi membobol barikade aparat.

Video dan foto kericuhan aksi itu kemudian tersebar di berbagai media sosial.


Baca Juga: Iran Kembali Perkaya Uranium hingga 60%, Semakin Dekati Level Senjata Nuklir

Sebagai informasi, beberapa bulan terakhir pekerja pabrik Foxconn memang tengah menuntut penyelesaian masalah kebijakan upah.

Ketatnya kontrol lock down untuk mencegah penularan virus Covid-19 membuat buruh kian tertekan. Bulan lalu, banyak pekerja Foxconn meninggalkan asrama pabrik guna menghindari pembatasan itu.

Angka protes juga melonjak usai Covid-19 kembali menyebar di seluruh China. Awal pekan ini, otoritas negara itu melaporkan beberapa kematian akibat virus Covid-19, untuk pertama kalinya dalam enam bulan belakangan.

Baca Juga: Vladimir Putin Sampaikan Belasungkawa untuk Korban Gempa Cianjur


 

 



Sumber : AP/Bloomberg


BERITA LAINNYA



Close Ads x