Kompas TV internasional kompas dunia

Disebut Lebih Kaya dari Ratu Elizabeth II, Ini Istri Rishi Sunak yang Ternyata Anak Miliarder

Kompas.tv - 25 Oktober 2022, 14:43 WIB
disebut-lebih-kaya-dari-ratu-elizabeth-ii-ini-istri-rishi-sunak-yang-ternyata-anak-miliarder
Profil Istri Rhisi Sunak yakni Akshata Murthy (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

LONDON, KOMPAS.TV – Terpilihnya Rishi Sunak menjadi PM Inggris mencuri perhatian banyak kalangan lantaran keturunan Asia pertama yang bisa menjabat di tampuk kekuasaan Inggris.

 Bukan hanya sosok Sunak yang jadi perhatian, istrinya, Akshata Murty, kini turut tersorot menjadi perhatian publik. Pasalnya, istri Sunak ini disebut-sebut lebih kaya dari Ratu Elizabeth II.

Terang saja, di India, Sunak lebih dikenal melalui istrinya, pewaris India Akshata Murthy. Dia adalah putri taipan Narayana Murthy, miliarder salah satu pendiri grup teknologi informasi Infosys.

Orang Tua Akshata Murty

Melansir dari Kompas.com, Ketika baru berusia beberapa bulan, Akshata tinggal bersama kakek-neneknya karena ayah dan ibunya, mengejar karir di Mumbai.

Ayah Akshata, NR Narayana Murthy (75), ikut mendirikan raksasa teknologi Infosys pada 1981, raksasa outsourcing yang membantu mendorong transformasi India menjadi lebih mutakhir.

Dengan meminjam 10.000 rupee (kini Rp 1,89 juta) dari istrinya, Sudha, untuk membantu menciptakan Infosys yang sekarang bernilai sekitar 100 miliar dollar AS (Rp 1,43 kuadriliun) dan merupakan perusahaan India pertama yang terdaftar di Wall Street.

Narayana Murthy adalah satu dari hanya dua orang non-Amerika dalam daftar "12 pengusaha terhebat di zaman kita" tahun 2012 versi majalah Fortune. 

Sementara itu, Sudha (71) adalah insinyur wanita pertama Tata Motors. Ia terkenal setelah mengeluh melalui kartu pos kepada bos perusahaan itu tentang ketentuan bahwa 'calon pegawai wanita tidak perlu melamar'.

Dianggap sebagai "nenek favorit India", Sudha adalah penulis yang produktif dan kuat dalam pekerjaan sosial setelah mendirikan 60.000 perpustakaan serta membangun 16.000 toilet.

Baca Juga: Imigran dan Keturunan India, Ini Perjalanan Rishi Sunak yang Kini Jadi PM Inggris

Pendidikan Akshata



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x