Kompas TV internasional kompas dunia

Imigran dan Keturunan India, Ini Perjalanan Rishi Sunak yang Kini Jadi PM Inggris

Kompas.tv - 25 Oktober 2022, 14:15 WIB
imigran-dan-keturunan-india-ini-perjalanan-rishi-sunak-yang-kini-jadi-pm-inggris
Anggota Parlemen Partai Konservatif Inggris Rishi Sunak tengah berkampanye untuk kursi pemimpin Partai Konservatif, di London, Selasa, 12 Juli 2022.  (Sumber: Foto AP/Alberto Pezzali)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

INGGRIS, KOMPAS.TV – Inggris memiliki Perdana Menteri (PM) baru yakni Rishi Sunak. Ia merupakan imigran Hindu yang kaya keturunan India dan Afrika Timur.

Kakek dan nenek Sunak merupakan penduduk Punjab, India dan migrasi ke Inggris pada 1960 dari Afrika Timur. Sementara, ayahnya adalah dokter dan ibunya memiliki toko kimia.

Sunak menggantikan PM sebelumnya yakni Lis Truss yang mengundurkan diri setelah menjabat selama 44 hari saja. Ia pun menjadi PM Inggris pertama yang berasal dari keturunan Asia.

Bukan hanya itu, Sunak juga menjadi PM Inggris termuda dalam sejarah. Mengingat, ia lahir pada 12 Mei 1980 di Southampthon, Hampshire, Inggris.

Sunak sebenarnya bukan orang baru. Ia lawan utama Truss dalam pemilihan kepemimpinan Partai Konservatif (Tory) di September. Namun, usai Truss mundur pada Kamis (20/10/2022), nama Rishi Sunak sebagai mantan menteri keuangan Inggris era Boris Johnson kembali menguat.


 

Disebutkan, kandidat pengganti Truss harus mendapatkan dukungan dari setidaknya 100 anggota parlemen Konservatif pada 13.00 GMT atau tepat pukul 08.00 WIB Senin (24/10/2022).

Dan Sunak menjadi satu-satunya sosok yang mendapatkan dukungan lebih dari 100 anggota parlemen, seperti dilansir dari AFP. Dirinya berhasil mengumpulkan hampir 200 nominasi publik.

Baca Juga: Rishi Sunak Dipastikan Jadi Pemimpin Konservatif, akan Dilantik sebagai Perdana Menteri Inggris



Sumber : Kompas TV/bbc/straitstimes.com/afp

BERITA LAINNYA



Close Ads x