Kompas TV internasional kompas dunia

Temuan Arkeologi Langka di Suriah, Lantai Mosaik Dewa Dewi Yunani Zaman Romawi

Kompas.tv - 12 Oktober 2022, 23:38 WIB
temuan-arkeologi-langka-di-suriah-lantai-mosaik-dewa-dewi-yunani-zaman-romawi
Warga melihat mosaik besar yang berasal dari zaman Romawi di kota Rastan, Suriah, Rabu, 12 Oktober 2022. (Sumber: AP Photo/Omar Sanadiki)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

RASTAN, KOMPAS.TV - Tim arkeologi Suriah mengumumkan penemuan sebidang mosaik utuh berukuran besar yang berasal dari zaman Romawi, berisi mozaik langka dewa dewi Yunani di kota Rastan dekat Homs, seperti laporan Associated Press, Rabu (12/10/2022).

Temuan itu digambarkan sebagai penemuan arkeologi terpenting sejak konflik negara itu dimulai 11 tahun lalu.

Para jurnalis diperlihatkan mosaik di pusat kota Rastan dekat Homs, kota terbesar ketiga di Suriah.

Mosaik seluas 120 meter persegi ditemukan di sebuah bangunan tua yang digali oleh Direktorat Jenderal Purbakala dan Museum Suriah.

Pengusaha Lebanon dan Suriah dari Museum Nabu membeli properti yang berasal dari abad ke-4 itu dan menyumbangkannya ke negara Suriah.

Setiap panel diisi dengan batu-batu kecil berwarna-warni berbentuk persegi berukuran sekitar setengah inci di setiap sisinya.

Dr Humam Saad, direktur asosiasi penggalian dan penelitian arkeologi Suriah mengatakan di antara adegan pertunjukan mosaik adalah penggambaran langka pejuang Amazon Kuno dalam mitologi Romawi.

Baca Juga: Palestina Resmikan Lantai Mosaik Terbesar di Dunia Peninggalan Kekhalifahan Umayyad

Mosaik besar yang berasal dari zaman Romawi bergambar dewa dan dewi Yunani kuno di kota Rastan, Suriah, Rabu 12 Oktober 2022. (Sumber: AP Photo/Omar Sanadiki)

"Apa yang ada di depan kita adalah penemuan yang langka dalam skala global," kata Saad kepada The Associated Press, seraya menambahkan gambar-gambar itu "kaya akan detail," dan mencakup adegan-adegan dari Perang Troya antara Yunani dan Trojan.

Dalam mitologi Yunani dan Romawi Kuno, pahlawan setengah dewa Hercules membunuh Hippolyta, ratu Amazon, dalam salah satu dari 12 pekerjaannya.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x