Kompas TV internasional kompas dunia

Palestina Resmikan Lantai Mosaik Terbesar di Dunia Peninggalan Kekhalifahan Umayyad

Kompas.tv - 29 Oktober 2021, 06:28 WIB
palestina-resmikan-lantai-mosaik-terbesar-di-dunia-peninggalan-kekhalifahan-umayyad
Menyerupai karpet halus, mosaik seluas 836 meter persegi itu terletak di Istana Hisham, sebuah kastil gurun masa kekhalifahan Ummayad yang berasal dari abad kedelapan masehi. (Sumber: France24)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

JERICHO, KOMPAS.TV - Otoritas Palestina pada Kamis (28/10/2021) meluncurkan salah satu mosaik lantai terbesar di dunia, di Kota Jericho Tepi Barat yang diduduki, setelah bertahun-tahun direstorasi.

Menyerupai karpet halus, mosaik seluas 836 meter persegi itu terletak di Istana Hisham, sebuah kastil gurun masa kekhalifahan Ummayad yang berasal dari abad kedelapan masehi.

Gambar-gambar tersebut, terlihat pada lusinan panel, termasuk seekor singa yang menyerang rusa untuk melambangkan perang dan dua kijang yang melambangkan perdamaian, serta desain bunga dan geometris yang halus.

Istana Hisham terlupakan selama berabad-abad sampai ditemukan kembali pada abad ke-19, dan dieksplorasi pada 1930-an. Saat itulah mosaik itu ditemukan di bawah debu.

Tapi itu masih tetap diabaikan sampai lima tahun yang lalu ketika situs itu ditutup untuk pengunjung saat dimulainya upaya restorasi yang didanai Jepang senilai 12 juta dollar.

Baca Juga: Diseret Paksa Aparat Israel, Ibu-Ibu Palestina Menangis Protes Kuburan Anaknya Digusur

"Mosaik ini berisi lebih dari lima juta keping batu dari Palestina yang memiliki warna alami dan khas," Saleh Tawafsha, wakil sekretaris di kementerian pariwisata dan barang antik Palestina, mengatakan kepada AFP, seperti dilansir France24 pada upacara peresmian. (Sumber: France24)

"Mosaik ini berisi lebih dari lima juta keping batu dari Palestina yang memiliki warna alami dan khas," Saleh Tawafsha, wakil sekretaris di kementerian pariwisata dan barang antik Palestina, mengatakan kepada AFP, seperti dilansir France24 pada upacara peresmian.

Dia berharap restorasi akan menarik wisatawan ke Jericho, yang terletak di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Istana Hisham dekat Laut Mati mencakup sekitar 150 hektar (60 hektar) dan terdiri dari pemandian dan perkebunan.

Dinasti Ummayad berlangsung dari tahun 660 hingga 750 M.



Sumber : Kompas TV/France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x