Kompas TV internasional kompas dunia

Pertama Kalinya, Pejabat AS Bertemu Taliban Sejak Pembunuhan Pemimpin Al-Qaeda

Kompas.tv - 9 Oktober 2022, 07:19 WIB
pertama-kalinya-pejabat-as-bertemu-taliban-sejak-pembunuhan-pemimpin-al-qaeda
Foto ilustrasi pejuang Taliban. Pejabat Tinggi Amerika Serikat (AS) di pemerintahan Joe Biden akhirnya bertemu dengan Taliban. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Gading Persada

DOHA, KOMPAS.TV - Pejabat Tinggi Amerika Serikat (AS) di pemerintahan Joe Biden akhirnya bertemu dengan Taliban.

Menurut dua pejabat yang mengetahui pembicaraan itu, pertemuan yang dilakukan Sabtu (8/10/2022), menjadi yang pertama sejak pembunuhan pemimpin Al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri di Kabul, Juli lalu.

Pemerintah AS dilaporkan mengirim Wakil Direktur CIA dan pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri yang bertanggung jawab untuk Afghanistan.

Mereka pergi ke Ibu Kota Qatar Doha, untuk berbicara dengan delegasi Taliban termasuk Kepala Intelijen Abdul Haq Wasiq.

Baca Juga: Taliban dan Pasukan Pakistan Baku Tembak di Perbatasan gara-gara Pembangunan Pos Jaga

Setelah Zawahiri terbunuh, AS menuduh Taliban secara jelas telah melanggar kesepakatan Doha, yang dilakukan oleh Pemerintahan Trump.

Pada kesepakatan itu, Taliban tak akan menampung teroris jika pasukan AS mundur dari Afghanistan, yang telah dilakukan pada Agustus 2021.

Setelah drone AS menembakkan misil mematikan ke Zawahiri, pejabat Amerika menuduh pemimpin Taliban dari jaringan Haqqani mengetahui mengenai keberadaan Zawahiri, meski Taliban mengutuk operasi itu.

Dikutip dari CNN, AS terus melanjutkan pembicaraan dengan Taliban, termasuk negosiasi pembebasan warga AS Mark Frerichs.



Sumber : CNN


BERITA LAINNYA



Close Ads x