Kompas TV internasional kompas dunia

Sibuknya London saat Pemakaman Ratu Elizabeth II, Seorang Polisi Pingsan dan Ditandu Personel AL

Kompas.tv - 19 September 2022, 19:22 WIB
sibuknya-london-saat-pemakaman-ratu-elizabeth-ii-seorang-polisi-pingsan-dan-ditandu-personel-al
Seorang polisi yang pingsan saat bertugas menjaga prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II di luar Gereja Westminster Abbey, London, Inggris Raya ditandu oleh personel Angkatan Laut Kerajaan Inggris Raya, Senin (19/9/2022). (Sumber: Petr David Josek/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

LONDON, KOMPAS.TV - Kepolisian London, Inggris Raya sibuk mengamankan prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II yang digelar pada Senin (19/9/2022) petang waktu Indonesia. 

Ratusan ribu hingga satu juta orang diperkirakan memadati London pada hari pemakaman. Juga, puluhan ribu warga hadir langsung di kompleks Westminster untuk memberi penghormatan terakhir kepada sang ratu.

Kepolisian London pun mengimbangi skala kerumunan dengan menggelar operasi pengamanan terbesar sepanjang sejarah departemen kepolisian itu. Lebih dari 10.000 personel disiagakan untuk mengamankan prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.

Ketika bertugas di kompleks Westminster, sibuknya operasi pengamanan membuat seorang personel polisi pingsan.

Menurut pantauan jurnalis The Guardian di lapangan, polisi itu pingsan saat mengawal prosesi di sekitar Gereja Westminster Abbey. Ia kemudian ditandu oleh personel Angkatan Laut Kerajaan Inggris Raya.

Baca Juga: Rumitnya Operasi Pengamanan Pemakaman Elizabeth II: 10.000 Lebih Polisi Siaga, Awasi Sejuta Orang

Sebelum hari pemakaman, persemayaman Ratu Elizabeth II pun mengundang kerumunan besar yang menyibukkan London.

Sejak Rabu (14/9) lalu, ratusan ribu orang mengantre untuk memberi penghormatan terakhir kepada sang ratu yang disemayamkan di Westminster Hall.

Padatnya antrean membuat masalah medis tak terhindarkan. Sepanjang akhir pekan lalu, lebih dari 400 orang dilaporkan membutuhkan bantuan medis ketika antre masuk ke Wesminster Hall.

Pada Kamis (15/9), prosesi persemayaman di Westminster Hall pun sempat terganggu ketika seorang penjaga pingsan saat mengawal peti jenazah Ratu Elizabeth II.

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II sendiri dimulai dari Wesminster Hall pada Senin (19/9) petang waktu Indonesia. Jenazah kemudian dibawa ke Westminster Abbey untuk upacara kebaktian.

Setelah itu, jenazah Ratu Elizabeth II dikawal menuju Wellington Arch di Hyde Park. Dari sini, jenazah diangkut menggunakan mobil ke Istana Windsor yang berjarak kurang-lebih 40 kilometer.

Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di Istana Windsor dalam upacara privat yang dihadiri keluarga kerajaan. Sang ratu akan dikubur di samping suaminya, Pangeran Philip yang wafat pada April 2021 silam.

Baca Juga: Dikawal Puluhan Ribu Orang dan Raja Charles, Jenazah Ratu Elizabeth II Diarak ke Hyde Park



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x