Kompas TV internasional kompas dunia

Dikawal Puluhan Ribu Orang dan Raja Charles, Jenazah Ratu Elizabeth II Diarak ke Hyde Park

Kompas.tv - 19 September 2022, 19:01 WIB
dikawal-puluhan-ribu-orang-dan-raja-charles-jenazah-ratu-elizabeth-ii-diarak-ke-hyde-park
Ekspresi duka warga di sekitar Westminster Abbey ketika prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II di London, Inggris Raya, Senin (19/9/2022) petang waktu Indonesia. (Sumber: Anthony Devlin/Pool Getty Images via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

LONDON, KOMPAS.TV - Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9/2022) petang waktu Indonesia dilanjutkan dengan pengiringan peti jenazah ke Wellington Arch, salah satu sudut di Hyde Park, taman Kerajaan Inggris Raya yang terbesar.

Peti jenazah Elizabeth II dibawa keluar dari Gereja Westminster Abbey sekitar pukul 12.15 waktu setempat atau pukul 18.15 WIB. Jenazah diperkirakan sampai di Wellington Arch sekitar pukul 13.00 waktu setempat atau 19.00 WIB.

Dari Wellington Arch, Hyde Park, jenazah sang ratu sedianya akan dibawa menggunakan mobil ke Istana Windsor yang berjarak kurang-lebih 40 kilometer.

Baca Juga: Kebaktian di Westminster Abbey Diakhiri Ratapan, Seluruh Inggris Mengheningkan Cipta 2 Menit

Di Istana Windsor, prosesi pemakaman sang ratu akan dimulai dengan dihadiri keluarga kerajaan. Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di samping suaminya, Pangeran Philip yang wafat pada April 2021 lalu.

Sebagaimana prosesi dari Westminster Hall ke Westminster Abbey, arakan jenazah Ratu Elizabeth II dikawal oleh personel militer Kerajaan Inggris Raya beserta keluarga kerajaan, termasuk Raja Charles III.

Selain itu, masyarakat turut memadati pinggir jalur prosesi untuk memberi penghormatan terakhir ke Elizabeth II. Menurut pantauan Associated Press, terdapat puluhan ribu orang yang mengawal jalur sang ratu dari Westminster Abbey ke Wellington Arch.

Mengiringi prosesi ini, tembakan ke udara dibunyikan di dekat Hyde Park dan lonceng Big Ben didentangkan dengan interval per satu menit.

Sebelumnya, jenazah Ratu Elizabeth II dibawa ke Gereja Westminster Abbey untuk upacara kebaktian. Selain keluarga kerajaan, tamu penting dari luar negeri seperti Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Prancis Emmanuel Macron menghadiri prosesi tersebut.

Baca Juga: Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II: Pusat Kota London Penuh, Banyak Warga Inggris Nonton Bareng



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.