Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Menyusul TikTok, Netflix Tangguhkan Layanan di Rusia

Kompas.tv - 7 Maret 2022, 05:44 WIB
menyusul-tiktok-netflix-tangguhkan-layanan-di-rusia
Ilustrasi Netflix. Pada Minggu (6/3/2022) Netflix mengumumkan telah menangguhkan layanannya di Rusia. (Sumber: Pexels/Fabio Lange)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

NEW YORK, KOMPAS.TV – Setelah TikTok mengumumkan telah memblokir pengguna platformnya di Rusia, kini Netflix pun mengumumkan hal yang sama. Pada Minggu (6/3/2022), Netflix menyatakan mereka menangguhkan layanannya di Rusia.

Sebuah pernyataan dari perusahaan tersebut menyebut keputusan ini dilakukan karena “keadaan di lapangan”, namun mereka tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Pengumuman itu muncul setelah TikTok mengatakan pengguna di platformnya di Rusia telah diblokir dari memposting dan untuk melihat video yang dibagikan dari tempat-tempat lain di dunia.

Baca Juga: Imbas Invasi ke Ukraina, Netflix Tangguhkan Semua Proyek Film Rusia

"Mengingat undang-undang 'berita palsu' baru Rusia, kami tidak punya pilihan selain menangguhkan streaming langsung dan konten baru ke layanan video kami, sementara kami meninjau implikasi keamanan dari undang-undang di Rusia," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan di Twitter

“Layanan perpesanan dalam aplikasi kami tidak akan terpengaruh,” tambahnya seperti dikutip dari The Associated Press.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Jumat semakin mengintensifkan tindakan keras terhadap media dan individu yang tidak mengikuti aturan Kremlin pada perang Rusia di Ukraina. Mereka memblokir Facebook dan Twitter dan menandatangani undang-undang yang mengkriminalisasi penyebaran video yang mereka anggap sebagai hoaks.

Selain Netflix dan Tiktok, American Express juga mengumumkan penangguhan semua operasi di Rusia dan Belarusia pada Minggu (6/3/2022).

Baca Juga: Nomor 1 di Netflix, Drama "All of Us are Dead" Sukses di 25 Negara

“Kartu American Express yang dikeluarkan secara global tidak akan lagi berfungsi di merchant atau ATM di Rusia,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. 

Kartu AmEx yang diterbitkan secara lokal di Rusia oleh bank negara tersebut juga tidak akan berfungsi lagi di luar Rusia.

Perusahaan itu sebelumnya menghentikan hubungannya dengan bank-bank di Rusia yang terkena sanksi dari Amerika Serikat dan pemerintah internasional.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x