Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Biden Balas Serangan Rusia dengan Sanksi dan Menyiapkan Pasukan di Jerman

Kompas.tv - 25 Februari 2022, 08:13 WIB
biden-balas-serangan-rusia-dengan-sanksi-dan-menyiapkan-pasukan-di-jerman
Presiden Amerika Serikat Joe Biden ketika berbicara mengenai invasi Rusia ke Ukraina di Gedung Putih, Kamis (24/2/2022). (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan akan membalas invasi Rusia ke Ukraina dengan memberikan sanksi yang keras.

Selain itu dia juga mengerahkan 7000 tentara tambahan yang dipersiapkan di Jerman dan menyatakan bahwa AS akan melawan Vladimir Putin.

Namun demikian, Biden juga mengakui bahwa langkah-langkah ini akan merugikan warga Amerika. Namun dia berusaha meyakinkan publik bahwa kesulitan ekonomi yang mungkin datang dengan kenaikan harga energi, hanya akan bersifat sementara di AS. 

Tentang Presiden Rusia, Biden mengatakan, “Dia akan menguji tekad Barat untuk melihat apakah kita tetap bersama. Dan kita akan tetap bersama," ujar Biden seperti dikutip dari The Associated Press.

Baca Juga: Presiden Ukraina: 137 Warga Ukraina Tewas Dalam Invasi Rusia

Menurut Biden, AS akan menargetkan sistem keuangan Rusia. AS akan memblokir aset bank-bank besar Rusia, menerapkan kontrol ekspor yang ditujukan untuk kebutuhan teknologi tinggi negara itu dan memberikan sanksi kepada oligarki bisnis Rusia.

Meskipun sanksi ini sudah cukup keras, namun beberapa anggota parlemen AS dan pejabat Ukraina bahkan meminta Biden untuk berbuat lebih banyak lagi.

“Ada lebih banyak yang bisa dan harus kita lakukan,” kata Senator Bob Menendez. Menurutnya, AS bisa mengeluarkan bank-bank Rusia dari sistem perbankan internasional SWIFT dan memberikan sanksi kepada Putin secara pribadi. 

Senada dengan Menendez, pemimpin Senat dari Partai Republik Mitch McConnell menyatakan dukungannya pada langkah-langkah yang akan diterapkan Biden. Namun dia juga mendesak Biden untuk menerapkan tekanan maksimum pada Putin.

“Kita semua bersama pada titik ini dan kita harus bersama tentang apa yang harus dilakukan,” kata McConnell. “Tapi saya punya beberapa saran: Tingkatkan sanksi sepenuhnya. Jangan menahan sanksi apa pun,” ujarnya.

Baca Juga: Presiden Rusia Ajak Warganya yang Punya Pengalaman Bertempur untuk Bergabung Lawan Rusia

Sanksi yang diumumkan Kamis tersebut diberlakukan sejalan dengan desakan Gedung Putih bahwa sanksi itu akan menghantam sistem keuangan Rusia dan lingkaran dalam Putin.

Selain itu, sanksi juga mencakup kontrol ekspor yang bertujuan untuk membuat industri dan militer Rusia kekurangan semikonduktor asal AS dan produk teknologi tinggi lainnya.

“Putin adalah agresornya,” kata Biden. “Putin memilih perang ini, dan sekarang dia dan negaranya akan menanggung akibatnya.”

Tetapi Biden, untuk saat ini, menahan diri untuk menjatuhkan beberapa sanksi potensial yang paling berat, Termasuk memotong Rusia dari sistem pembayaran SWIFT, yang memungkinkan transfer uang dari bank Rusia ke bank di seluruh dunia.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x