Kompas TV internasional kompas dunia

Mantan Pelatih Chelsea dan Timnas Israel Avram Grant Dituduh sebagai Predator Seksual

Kompas.tv - 3 Februari 2022, 05:41 WIB
mantan-pelatih-chelsea-dan-timnas-israel-avram-grant-dituduh-sebagai-predator-seksual
Avram Grant saat melatih Timnas Ghana di Piala Afrika 2017. Sejumlah perempuan baru-baru ini mengaku pernah dilecehkan Avram Grant. (Sumber: Sunday Alamba/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Fadhilah

TEL AVIV, KOMPAS.TV - Avram Grant, mantan pelatih Chelsea, dituduh melakukan kekerasan seksual terhadap sejumlah perempuan. Tuduhan itu dimuat dalam sebuah dokumenter yang ditayangkan televisi Israel baru-baru ini.

Pelatih yang membawa The Blues ke final Liga Champions 2007/08 itu dituduh sebagai predator seksual perempuan muda dan menekan sejumlah korbannya untuk ditiduri.

Avram Grant sendiri menampik tuduhan tersebut. Ia mengaku tidak pernah “berlaku agresif terhadap perempuan atau siapa pun.”

FIFA mengaku akan menginvestigasi tuduhan tersebut.

“Mempertimbangkan sifat dasar dari tuduhan yang dibuat, komite etis FIFA akan mencari tahu tentang perkara ini,” tulis pernyataan FIFA sebagaimana dilansir BBC.

“Ketika menyangkut kelakuan jahat dan pelecehan dalam sepak bola, kami menegaskan bahwa FIFA menyikapi setiap dugaan yang dilaporkan dengan sangat serius,” imbuh pernyataan tersebut.

Baca Juga: Dugaan Pelecehan Seksual di Perguruan Tinggi Jawa Tengah, Mahasiswa Penerima Bidikmisi Jadi Korban

Kebanyakan perempuan yang mengaku dilecehkan Grant adalah jurnalis kenamaan.

Salah satunya menyebut sang pelatih mengundangnya ke apartemen pada 2020 untuk dicarikan pekerjaan, tetapi justru disuruh melepas baju dan hendak dicium.

Seorang mantan model menuduh Grant berupaya memaksanya berhubungan seks di sebuah hotel di Inggris. Padahal, Grant memintanya ke Inggris dengan alasan ingin membantu kariernya.

Dalam dokumenter tersebut, sejumlah perempuan lain menuduh Grant melecehkan mereka secara verbal saat bekerja sama dalam kapasitas profesional.

Avram Grant bersikeras bahwa ia tidak pernah melecehkan perempuan atau melakukan kekerasan seksual.

“Setiap hubungan seksual yang saya lakukan dengan perempuan itu konsensual,” kata Grant kepada Telegraph via BBC.

“Kepada setiap orang yang merasa tidak nyaman atau terluka oleh saya, saya minta maaf dan saya menyesalinya dari hati yang paling dalam,” katanya dalam pernyataan terpisah kepada Times of Israel.

Avram Grant melatih Chelsea pada 2007 hingga 2008. Ia juga pernah membesut Timnas Israel pada 2002-2006.

Sepanjang kariernya, Grant pernah menangani berbagai klub, baik klub domestik seperti Maccabi Haifa, Maccabi Tel Aviv, dan Hapoel Petah Tikva; hingga klub luar negeri seperti Portsmouth dan West Ham United.

Pada 2014-2017, ia menangani Timnas Ghana. Grant terkini melatih dalam kapasitas interim untuk klub India, NorthEast United pada 2018.

Baca Juga: Guru Tari Predator Seksual di Kota Malang Dibekuk Polisi, 7 Anak Didik Jadi Korban

 



Sumber : BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x