Kompas TV internasional kompas dunia

AS Desak Pfizer Ajukan Permohonan Vaksin Covid-19 Untuk Anak di Bawah Lima Tahun

Kompas.tv - 2 Februari 2022, 05:40 WIB
as-desak-pfizer-ajukan-permohonan-vaksin-covid-19-untuk-anak-di-bawah-lima-tahun
Ilustrasi vaksin Pfizer. Regulator Amerika Serikat (AS) mendesak produsen vaksin Pfizer untuk mengajukan izin darurat untuk  vaksin Covid-19 bagi anak-anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun. (Sumber: Canva/Towfiqu Barbhuiya)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Regulator Amerika Serikat (AS) mendesak produsen vaksin Pfizer untuk mengajukan izin darurat untuk dua dosis vaksin Covid-19 untuk anak-anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun. 

Seperti dikutip dari The Associated Press, aplikasi dari Pfizer diharapkan diajukan paling cepat pada hari Selasa (1/2/2022) kemarin. 

Data awal Pfizer telah menunjukkan bahwa vaksin — yang diberikan kepada anak-anak yang lebih muda dengan kekuatan sepersepuluh dari suntikan orang dewasa — aman dan menghasilkan respons kekebalan. 

Baca Juga: Pfizer Mulai Ujicoba Vaksin Formula Baru untuk Melawan Omicron

Tetapi tahun lalu Pfizer mengumumkan suntikan dua dosis terbukti kurang efektif dalam mencegah Covid-19 pada anak-anak usia 2-5 tahun, dan regulator mendorong perusahaan untuk menambahkan dosis ketiga ke dalam penelitian, dengan keyakinan bahwa dosis ketiga akan meningkatkan kekuatan vaksin.

Kini Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) mendorong Pfizer untuk mengajukan aplikasinya berdasarkan data dua dosis untuk mendapatkan persetujuan pada Februari ini. 

Kemudian kembali untuk otorisasi tambahan setelah memiliki data dari studi dosis ketiga, yang diharapkan pada bulan Maret. 

Proses otorisasi ini berarti anak-anak kecil dapat divaksinasi sebulan lebih awal dari perkiraan sebelumnya.

Jika proses otorisasi ini dipercepat, akan menjadi berita gembira bagi orang tua dari anak berusia 6 bulan sampai 5 tahun, yang merupakan kelompok usia terakhir yang tersisa dan belum mendapat persetujuan untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Baca Juga: Penerima Vaksin Sinovac Dapat Perlindungan Kuat dari Vaksin Booster Buatan Pfizer, AstraZeneca, J&J

Anak-anak kecil jauh lebih kecil kemungkinannya daripada orang dewasa untuk mengalami komplikasi serius atau meninggal karena Covid-19.

Namun insiden penyakit telah meningkat di tengah lonjakan dalam kasus dari varian Omicron.

Sebagian besar kasus dan kematian terjadi pada orang tua, terutama mereka yang tidak divaksinasi.

Mempercepat otorisasi vaksin pediatrik Covid-19 telah menjadi prioritas selama lebih dari satu tahun pemerintahan Biden, yang percaya bahwa vaksin sangat penting untuk membuka kembali sekolah dan tempat penitipan anak. 

Vaksin untuk anak-anak usia 5-12 telah disetujui oleh regulator AS pada November 2021 lalu. 

Seri utama Pfizer diberikan dengan selang waktu tiga minggu.

Dosis ketiga untuk anak-anak sedang dipelajari untuk diberikan, setidaknya dua bulan setelah dosis kedua.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x