Kompas TV internasional kompas dunia

G20 Ditutup dengan Komitmen Netralitas Karbon Tanpa Target Waktu Spesifik

Kompas.tv - 31 Oktober 2021, 22:10 WIB
g20-ditutup-dengan-komitmen-netralitas-karbon-tanpa-target-waktu-spesifik
KTT G20 resmi ditutup pada hari Minggu 31 Oktober 2021 dengan komunike yang berisi komitmen kompromi untuk mencapai netralitas karbon pada atau sekitar pertengahan abad, dan mengakhiri pembiayaan publik untuk pembangkit listrik tenaga batu bara (Sumber: AP Photo/Luca Bruno)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

ROMA, KOMPAS.TV - Para pemimpin ekonomi terbesar dunia yang menghadiri KTT G20 membuat komitmen kompromi untuk mencapai netralitas karbon pada atau sekitar pertengahan abad ini.

Komitmen itu juga akan meletakkan dasar bagi konferensi iklim PBB di Glasgow, Skotlandia, seperti dilansir Associated Press, Minggu (31/10/2021).

Menurut komunike terakhir, para pemimpin Kelompok 20 (G20) juga setuju untuk mengakhiri pembiayaan publik untuk pembangkit listrik tenaga batu bara, namun tidak menetapkan target untuk menghapus batu bara secara bertahap di dalam negeri.

Keputusan ini merupakan isyarat yang jelas untuk negara-negara yang bergantung pada batu bara termasuk China dan India, namun menjadi pukulan telak bagi Inggris yang mengharapkan komitmen lebih solid menjelang pertemuan KTT Iklim di Glasgow.

Negara-negara Kelompok G20 yang mewakili lebih dari tiga perempat emisi gas rumah kaca dunia dan tuan rumah pertemuan puncak Italia, mencari target yang solid tentang cara mengurangi emisi sambil membantu negara-negara miskin mengatasi dampak kenaikan suhu bumi.

Tanpa mereka, momentum bisa hilang untuk pembicaraan tahunan yang lebih besar yang secara resmi dibuka hari Minggu di Glasgow, di mana negara-negara dari seluruh dunia akan diwakili, termasuk yang miskin dan paling rentan terhadap naiknya permukaan laut, perubahan daratan bervegetasi menjadi gurun, dan efek lainnya.

Kepada para pemimpin negara G20, Perdana Menteri Italia Mario Draghi mengatakan, mereka membutuhkan keduanya untuk menetapkan tujuan jangka panjang dan membuat perubahan jangka pendek untuk mencapainya.

“Kita harus mempercepat penghapusan batu bara dan berinvestasi lebih banyak dalam energi terbarukan. Kita juga perlu memastikan bahwa kita menggunakan sumber daya yang tersedia dengan bijak, yang berarti kita harus mampu menyesuaikan teknologi dan juga gaya hidup kita di dunia baru ini."

Baca Juga: Hari Terakhir KTT G20 Bahas Krisis Iklim, Batubara Masih Jadi Perdebatan Sengit

KTT G20 resmi ditutup pada hari Minggu 31 Oktober 2021 dengan komunike yang berisi komitmen kompromi untuk mencapai netralitas karbon pada atau sekitar pertengahan abad, dan mengakhiri pembiayaan publik untuk pembangkit listrik tenaga batu bara (Sumber: AP Photo/Gregorio Borgia)

Dalam komunike penutup, G20 menegaskan kembali komitmen masa lalu negara-negara kaya yang menjanjikan USD100 miliar setiap tahun untuk membantu negara-negara miskin mengatasi perubahan iklim, dan berkomitmen meningkatkan pembiayaan untuk membantu mereka beradaptasi.

Titik hambatan tetap menjadi batas waktu untuk mencapai netralitas karbon atau emisi "nol", yang berarti keseimbangan antara gas rumah kaca yang ditambahkan dan dikeluarkan dari atmosfer.

KTT G20 Italia hanya mampu mengamankan komitmen untuk mencapai emisi nol bersih "pada pertengahan abad," daripada tahun tertentu secara spesifik.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x