Kompas TV internasional kompas dunia

SPD Menangi Pemilu Jerman, Ini Lima Partai Lainnya yang Meraih Jumlah Suara Signifikan

Kompas.tv - 27 September 2021, 22:53 WIB
spd-menangi-pemilu-jerman-ini-lima-partai-lainnya-yang-meraih-jumlah-suara-signifikan
Konferensi pers partai pemenang Pemilu Jerman, SPD, di Berlin pada Senin (27/9/2021). (Sumber: Michael Sohn/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

BERLIN, KOMPAS.TV - Partai Sosial Demokrat (SPD) memenangi Pemilu Jerman mengalahkan partai inkumben yang dulu mengusung Kanselir Angela Merkel.

Data terbaru menunjukkan bahwa SPD menang pemilu dengan 25,7 persen suara, unggul tipis atas aliansi inkumben Serikat Demokratik Kristen (CDU) dan Serikat Kristen Sosial (CSU) yang meraih 24,1 persen suara.

Kemenangan tipis berarti SPD butuh membentuk pemerintahan koalisi untuk memimpin Jerman. Kandidat Kanselir SPD, Olaf Scholz, menyebut pihaknya hendak mengajak Partai Hijau dan Demokrat Bebas untuk membentuk koalisi.

Baca Juga: Partai Angela Merkel Kalah Tipis, Hasil Pemilu Jerman Tak Janjikan Pemerintahan Solid

Partai Hijau dan Demokrat sendiri masing-masing mendapatkan 14,8 persen dan 11,5 persen suara. Mereka termasuk dalam tujuh partai yang memiliki pengaruh signifikan.

Totalnya, terdapat 47 partai kontestan di Pemilu Jerman 2021 dari berbagai haluan politik, mulai dari Kanan-Jauh (far-right) hingga Kiri-Jauh. Selain 47 partai itu, ada 196 kandidat Bundestag (parlemen Jerman) yang maju secara independen.

Akan tetapi, tidak semua partai mampu mengirim wakil ke Bundestag. Selain tujuh partai utama, 40 partai lain mendapatkan total 8,6 persen suara di pemilu kali ini.

Berikut daftar partai kontestan Pemilu Jerman yang meraih jumlah suara signifikan pada 2021.

1. Partai Sosial Demokrat (SPD)

SPD menang pemilu dengan 25,7 persen suara. Partai ini berhaluan sosialis dan berdiri sejak 1863. SPD merupakan partai yang menaungi kanselir terakhir Jerman sebelum era Angela Merkel.

Partai ini mengusung Olaf Scholz sebagai kandidat kanselir. Ia merupakan wakil kanselir sekaligus menteri keuangan di periode terakhir Merkel.

Naiknya Scholz pun menandai kemenangan faksi Kiri-Tengah yang lebih kompromis di tubuh SPD. 

2. Aliansi Union (CDU/CSU)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x