Kompas TV internasional kompas dunia

Partai Angela Merkel Kalah Tipis, Hasil Pemilu Jerman Tak Janjikan Pemerintahan Solid

Senin, 27 September 2021 | 21:24 WIB
partai-angela-merkel-kalah-tipis-hasil-pemilu-jerman-tak-janjikan-pemerintahan-solid
Kandidat kanselir Jerman dari Partai Sosial Demokrat yang memenangi pemilu, Olaf Scholz. (Sumber: Lisa Leutner/Associated Press)

BERLIN, KOMPAS.TV - Partai Sosial Demokrat Jerman dipastikan memenangi pemilihan umum pada Senin (27/9/2021). Data terbaru menunjukkan bahwa partai yang dipimpin Olaf Scholz itu meraih 25,7 persen suara, unggul tipis atas perolehan 24,1 persen suara aliansi Union, gabungan partai Serikat Kristen Sosial dan Serikat Demokratik Kristen yang dulu mengusung Angela Merkel.

Tidak ada partai yang berhasil meraih lebih dari 30 persen suara di pemilu kali ini. Artinya, tidak akan ada pemerintahan mayoritas di parlemen Jerman kecuali terbentuk koalisi.

Partai Scholz sendiri segera mendesak pembentukan pemerintahan koalisi setelah pemilu. Sosial Demokrat pun mengaku tak akan mengajak Union dalam koalisi dan menjadikannya oposisi.

Baca Juga: Jerman Gelar Pemilu Parlemen untuk Membentuk Pemerintahan Baru, Ini Proses Pemilunya

Sosial Demokrat hendak membentuk koalisi dengan menggandeng Partai Hijau dan Demokrat Bebas. Masing-masing meraup 14,8 persen dan 11,5 persen suara.

“Pemilih telah bicara dengan sangat jelas. Mereka memperkuat tiga partai, Sosial Demokrat, Partai Hijau, serta Demokrat Bebas. Jadi ini adalah mandat jelas dari rakyat negara ini: tiga partai itu mestinya memimpin pemerintahan yang akan datang,” kata Scholz sebagaimana dikutip Associated Press.

Akan tetapi, jika koalisi yang diinginkan Sosial Demokrat gagal dibentuk, satu-satunya cara membentuk pemerintahan mayoritas adalah menggandeng aliansi Union. 

Koalisi tersebut pernah mengisi pemerintahan Jerman. Pada 16 tahun jabatan Kanselir Angela Merkel, koalisi tersebut memerintah selama 12 tahun. Namun, koalisi ini sering diwarnai pertentangan antara kedua pihak.

Di lain sisi, Scholz berupaya menepis kekhawatiran bahwa pemerintahan multipartai akan menjadi pemerintahan tidak stabil.

“Gagasan saya adalah membentuk pemerintahan dengan sangat cepat dan itu seharusnya terbentuk sebelum Natal bila memungkinkan. Jerman selalu memiliki pemerintahan koalisi dan itu selalu stabil,” ucapnya.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:46
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19