Kompas TV internasional kompas dunia

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Kunjungi Pangkalan Angkatan Udara di Israel

Kompas.tv - 12 April 2021, 16:20 WIB
menteri-pertahanan-amerika-serikat-kunjungi-pangkalan-angkatan-udara-di-israel
Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Purwanto

TEL AVIV, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin mengunjungi pangkalan angkatan udara Israel, Senin (12/4/2021). Dalam kunjungan ini, dia akan memeriksa sistem pertahanan rudal “Iron Dome” yang sangat dibanggakan negara itu.

Menteri Pertahanan AS mendarat dengan helikopter di pangkalan Nevatim di Israel Selatan, di mana dia disambut oleh Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz.

Baca Juga: Menlu Iran Salahkan Israel Atas Sabotase Fasilitas Nuklir Natanz

Ini merupakan kunjungan pertama Austin ke Israel, sejak dilantik menjadi pemimpin Pentagon pada Januari lalu.

Kunjungan ini bertepatan dengan meningkatnya ketegangan baru antara Israel dan Iran, setelah Teheran mengatakan bahwa fasilitas nuklir bawah tanah Natanz kehilangan daya, hanya beberapa jam setelah mereka memulai sentrifugal canggih baru yang mampu memperkaya uranium dengan lebih cepat.

Iran menyebut tindakan Israel sebagai "terorisme nuklir" dan menyalahkan Israel atas serangan sabotase yang dilakukan terhadap Iran.

Baca Juga: Iran Tuduh Israel di Balik Padamnya Fasilitas Nuklir Mereka: Ini Aksi Terorisme!

Latar belakang utama kunjungan Austin adalah keprihatinan pemerintah Israel tentang upaya Washington untuk bergabung kembali dengan kesepakatan nuklir Iran, yang menurut pandangan Israel merupakan sebuah kecacatan yang fatal.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu selama bertahun-tahun menggambarkan Iran sebagai ancaman eksistensial bagi bangsanya karena dugaan pengayaan senjata nuklir dan dukungannya kepada kelompok-kelompok militan seperti Hizbullah di Lebanon.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x