Kompas TV internasional kompas dunia

Mengenal Mama Sarah, Muslimah Dermawan Nenek Tiri Barack Obama yang Meninggal di Usia 99 Tahun

Kompas.tv - 29 Maret 2021, 16:22 WIB
mengenal-mama-sarah-muslimah-dermawan-nenek-tiri-barack-obama-yang-meninggal-di-usia-99-tahun
Sarah Obama semasa hidup bersama mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Eddward S Kennedy

NAIROBI, KOMPAS.TV – Nenek tiri mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, Sarah Obama, meninggal dunia di Kenya, Senin (29/3/2021). Sarah Obama meninggal dalam usia 99 tahun.

Sarah Obama akrab dipanggil dengan sebutan Mama Sarah. Dia merupakan istri ketiga (sumber lain mengatakan istri kedua) dari kakek Barack Obama. Ia ikut membesarkan ayah Barack Obama, yaitu Barack Obama, Sr, ketika masih kecil.

Dalam wawancara dengan the Associated Press pada tahun 2014, dia menceritakan dirinya adalah seorang buta huruf.

Jika ia mendapatkan kiriman surat, dia tidak bisa membacanya. Dia tidak ingin anak-anaknya menjadi buta huruf seperti dirinya, jadi dia ingin memastikan bahwa semua anak di dalam keluarganya bersekolah.

Dia mengisahkan, ketika ayah Barack Obama masih kecil, dia adalah orang yang mengayuh sepeda dengan membonceng Barack Obama, Sr.

Baca Juga: Michelle Obama Tergila-Gila Merajut, Tapi Bukan Hubungan, Melainkan Sweater Mas Suami, Barack Obama

Setiap hari, dia mengayuh sepeda sejauh sembilan kilometer dari desa Kogelo ke kota Ngiya, untuk memastikan Barack Obama, Sr mendapatkan pendidikan yang tidak pernah dia dapatkan.

“Saya suka pendidikan,” kata Sarah Obama.

“Karena (dengan bersekolah) anak-anak belajar mandiri, terutama bagi anak perempuan yang sering tidak punya kesempatan untuk bersekolah,” ujarnya.

“Jika seorang perempuan mengenyam pendidikan, dia tidak hanya akan mendidik keluarganya, tetapi juga mendidik seluruh desa,” katanya melanjutkan.

Sarah Obama yang biasa dipanggil dengan sebutan Mama Sarah, adalah seorang dermawan yang mempromosikan pendidikan untuk anak perempuan dan anak yatim piatu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x