Kompas TV internasional kompas dunia

China Sumbangkan Vaksin untuk Penjaga Perdamaian PBB

Kompas.tv - 16 Maret 2021, 19:59 WIB
china-sumbangkan-vaksin-untuk-penjaga-perdamaian-pbb
Seorang staf menguji sampel vaksin nonaktif Covid-19 di pabrik pembuatan vaksin China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) di Beijing, ibu kota China, pada 11 April 2020. (Sumber: Xinhua/Zhang Yuwei)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Hariyanto Kurniawan

NEW YORK, KOMPAS.TV - Duta Besar China untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menyatakan bahwa China mendonasikan 300.000 dosis vaksin Covid-19 kepada pasukan penjaga perdamaian PBB, dengan prioritas diberikan kepada mereka yang bertugas di Afrika.

“Duta Besar Zhang Jun mengirim surat kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres yang memberitahukan tentang sumbangan tersebut,” kata Misi PBB di China, Senin (15/3/2021), seperti dikutip dari the Associated Press.

Baca Juga: Diplomat AS di China Telah Peringatkan Bahaya Virus Corona di Lab Wuhan Sejak 2017, tapi Diabaikan

"China sangat mementingkan keselamatan dan keamanan penjaga perdamaian, dan donasi tersebut adalah langkah lebih lanjut untuk menjadikan vaksin China sebagai barang publik global, dan juga menunjukkan dukungan tegas dan berkelanjutan China kepada PBB dan multilateralisme," tulis pernyataan itu.

Bulan lalu, PBB berterima kasih kepada India karena telah menawarkan 200.000 dosis vaksin Covid-19 untuk penjaga perdamaian PBB.

Baca Juga: China Dituduh Lakukan Diplomasi Vaksin

PBB saat ini memiliki selusin operasi penjaga perdamaian. Setengahnya berada di Afrika dengan total sekitar 100.000 penjaga perdamaian.

Namun hingga saat ini belum ada tanggapan lebih lanjut dari PBB tentang penawaran tersebut.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x