Kompas TV internasional kompas dunia

Diplomat AS di China Telah Peringatkan Bahaya Virus Corona di Lab Wuhan Sejak 2017, tapi Diabaikan

Kompas.tv - 12 Maret 2021, 15:20 WIB
diplomat-as-di-china-telah-peringatkan-bahaya-virus-corona-di-lab-wuhan-sejak-2017-tapi-diabaikan
Ilustrasi virus Corona penyebab Covid-19. Diplomat Amerika mengetahui penemuan virus Corona mirip Covid-19 sejak 2017. (Sumber: AP Illustration/Peter Hamlin)
Penulis : Ahmad Zuhad

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Tak banyak yang tahu, peneliti China telah menemukan virus Corona dengan ciri sama dengan Covid-19 pada akhir 2017. Ketika itu, diplomat Amerika Serikat untuk China telah mengetahui penemuan ini dan Washington mengabaikan peringatan mereka.

Pada akhir 2017, pejabat tinggi bidang kesehatan dan sains di Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat di Beijing menghadiri konferensi ilmu pengetahuan. Mereka ikut menyimak sebuah presentasi dari tim peneliti China dari laboratorium Institusi Virologi Wuhan (WIV).

Mengutip Politico, tim WIV ini telah meneliti topik soal kumpulan informasi genetik kelelawar yang terkait wabah corona SARS. Inisiatif penelitian ini dibiayai Institusi Kesehatan Amerika (NIH) untuk mengetahui penyebab wabah SARS pada 2002 dan mencegah wabah Corona pada masa depan.

Baca Juga: CDC: Dua Minggu setelah Dosis Kedua Vaksin Covid-19 Dapat Berkumpul Tanpa Masker

Diplomat Amerika saat itu tertarik dengan temuan tim peneliti, yaitu tiga virus dengan ciri unik. Ketiga virus itu sama-sama mengandung spike protein yang memiliki kemampuan baik mengaitkan virus pada reseptor di paru-paru manusia.

Singkatnya, tiga virus ini sama-sama mudah menular pada manusia. Ini berbahaya bagi manusia.

Untuk diketahui, virus Covid-19 juga memiliki ciri sama.

Para pejabat itu baru mengetahui keberadaan virus ini berada di laboratorium WIV. Saat itu, Laboratorium itu baru dibangun. Status laboratorium itu disebut BSL-4. Artinya, potensi bahayanya ekstrem.

Mengetahui pentingnya penemuan ini, para diplomat ini memutuskan mengirim tiga tim sepanjang akhir 2017 hingga awal 2018 untuk menemui para peneliti di lab Wuhan. Salah satu peneliti yang mereka temui adalah Shi Zhengli, peneliti yang berpengalaman mempelajari virus corona di tubuh kelelawar.

Hasil kunjungan itu mengejutkan, tim peneliti China mengaku lab Wuhan tak memiliki teknisi yang terlatih untuk mengoperasikan tempat sepenting itu.

Pada 2018, para diplomat Amerika itu bersurat dengan pemerintah pusat Amerika Serikat di Washington. Mereka meminta Amerika membantu lab Wuhan itu memenuhi standar keamanan tertinggi.

Mereka juga memperingatkan bahaya virus corona baru dari kelelawar yang dapat dengan mudah menular pada manusia. Sebagai langkah tambahan, para diplomat itu tak merahasiakan surat telegram itu agar lebih banyak orang yang mengetahuinya.

Namun, Kementerian Dalam Negeri Amerika mengabaikan peringatan itu. Mereka juga tak mengumumkan temuan itu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.