Kompas TV internasional kompas dunia

Polisi Spanyol Gagalkan Rencana Penyelundupan Narkoba Via Kapal Selam Berkapasitas 2,2 Ton Kargo

Kompas.tv - 13 Maret 2021, 00:36 WIB
polisi-spanyol-gagalkan-rencana-penyelundupan-narkoba-via-kapal-selam-berkapasitas-2-2-ton-kargo
Kapal selam buatan berkapasitas 2,2 ton kargo yang rencananya digunakan untuk mengangkut narkoba ini berhasil disita oleh kepolisian Spanyol. (Sumber: Police Nacional via AP)
Penulis : Vyara Lestari

MADRID, KOMPAS.TV – Kepolisian Spanyol mengumumkan pada Jumat (12/3/2021) bahwa mereka telah menyita sebuah kapal selam buatan sendiri untuk menyelundupkan narkoba berkapasitas hingga 2,2 ton kargo.

Polisi menemukan kapal sepanjang 9 meter dan lebar 3 meter ini bulan lalu saat kapal ini tengah dibangun di Malaga, di selatan Costa del Sol, dalam operasi narkoba internasional. Associated Press melansir, operasi ini melibatkan badan khusus kriminalitas Uni Eropa, Europol dan badan serupa dari 5 negara yakni Kolombia, Amerika Serikat, Inggris, Belanda dan Portugal.

Baca Juga: Keren! Indonesia Jadi Satu-satunya Negara Pembuat Kapal Selam di Asia Tenggara

Kapal selam ini terbuat dari fiberglas dan panel kayu lapis yang dipasang pada rangka struktural, dan memiliki lubang intip di satu sisinya. Kapal selam bercat biru terang ini memiliki 2 mesin berkekuatan 200 tenaga kuda yang dioperasikan dari dalam.

Kepala kepolisian Spanyol, Rafael Perez, mengatakan, kapal selam ini belum pernah dilayarkan.

Baca Juga: Rekam Video Porno di Pangkalan Rahasia Kapal Selam Nuklir, Tentara Ini Bahayakan Keamanan Nasional

“Kapal ini hendak dilayarkan di laut bebas untuk bertemu kapal induk untuk membawa narkoba, kemungkinan kokain, sebelum kembali ke Spanyol,” ujar Perez pada para wartawan.

“Struktur kapal ini seperti gunung es,” kata Perez. “Pada prakteknya, hampir seluruh badan kapal akan terbenam hingga tinggal bagian atasnya saja yang berada di permukaan air, satu-satunya bagian kapal yang akan terlihat oleh kapal lain atau dari helikopter.”

Baca Juga: Kronologi Kapal Selam Jepang Tabrakan dengan Kapal Konvensional

Kapal selam penyelundup narkoba serupa juga sebelumnya telah ditemukan di Samudera Atlantik, terutama di kawasan lepas pantai Amerika Tengah dan Selatan. Mereka setengah terbenam di bawah permukaan air laut agar terhindar dari deteksi dan jarang bisa tenggelam sepenuhnya.

Operasi polisi sebelumnya terhadap jaringan penyelundupan narkoba internasional telah menjaring ratusan kilogram kokain, hasis dan mariyuana di berbagai lokasi di Spanyol. Sebanyak 52 orang yang terlibat juga ditangkap.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x