Kompas TV video cerita indonesia

Keren! Indonesia Jadi Satu-satunya Negara Pembuat Kapal Selam di Asia Tenggara

Kompas.tv - 28 Januari 2020, 20:15 WIB
Penulis : Desy Hartini

SURABAYA, KOMPAS.TV - Indonesia kini telah dapat membuat kapal selam sendiri. Kapal yang diberi nama Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Alugoro-405 memiliki kapasitas sebanyak 45 awak. Ada pun kapal ini dibuat di galangan kapal milik PT PAL Indonesia (Persero) yang berada di Surabaya.

Kapal selam ini jadi yang pertama diproduksi di Asia Tenggara. proyek kapal selam ini merupakan bagian dari kerja sama Indonesia - Korea Selatan dalam pengembangan industri alutsista (alat utama sistem senjata).

Dilansir dari Kompas.com, skema kerja sama yakni alutsista dibuat di kedua negara dengan mengharuskan Negeri Gingseng itu melakukan transfer teknologi kepada tenaga ahli asal Indonesia.

Baca Juga: TOP3NEWS Penerbangan ke Tiongkok Tetap Dibuka | Jokowi Tinjau Kapal Selam RI | Kobe Bryant Meninggal

Untuk pengembangan kapal selam, PT PAL sebagai BUMN yang ditugasi menerima alih teknologi secara keroyokan membuat kapal selam dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME).

Ada sebanyak 206 teknisi dari Indonesia yang dilibatkan dalam pembuatan kapal ini. Beberapa di antaranya dikirim ke Korea Selatan dalam proyek kapal selam pertama di galangan DSME.

Dua kapal selam Indonesia lainnya dibuat di Korea Selatan yaitu KRI Ardadedali 404 dan KRI Nagapasa 403. Kedunya saat ini sudah dioperasikan oleh TNI AL.

Kapal selam ini dibuat sejak 2015 di Surabaya. KRI-Alugoro-405 ini memiliki panjang 61,3 meter, kecepatan maksimal saat menyelam 21 knot, dan kecepatan maksimal di permukaan 12 knot.

Presiden Jokowi menyebut, sukses PT PAL membuat kapal selam ini jadi tonggak bersejarah bagi Indonesia dalam industri pertahanan, sehingga secara bertahap bisa mengurangi ketergantungan alutsista impor.

Baca Juga: Cerita Tentang Perubahan PT PAL, Jokowi: Saya Ini Orang Pabrik!

"Saya berharap pada suatu titik kita bisa membangun kapal selam secara mandiri, oleh anak-anak bangsa sendiri," ujarnya.

Proyek pengembangan kapal selam PT PAL sebelumnya mendapatkan dukungan tambahan penyertaan modal negara sebesar Rp 1,5 triliun pada tahun 2015.

Kapal dengan senjata utama torpedo ini rencananya akan diserahterimakan kepada Kementerian Pertahanan untuk digunakan oleh TNI AL pada Desember 2020. 

#KRIAlugoro #Alugoro #KapalSelam




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x