Kompas TV genbest nutrisi

Cek Fakta: Benarkah Minum Tablet Tambah Darah saat Hamil Bikin Bayi Susah Lahir?

Kompas.tv - 27 Desember 2023, 16:30 WIB
cek-fakta-benarkah-minum-tablet-tambah-darah-saat-hamil-bikin-bayi-susah-lahir
Salah satu mitos yang cukup umum adalah anggapan bahwa mengonsumsi tablet tambah darah (TTD) dapat membuat persalinan menjadi lebih sulit. (Sumber: Dok. Shutterstock)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Bagi pasangan yang telah menikah, masa kehamilan seringkali dinantikan dengan penuh harap dan antusiasme.

Selama periode ini, upaya untuk memastikan kecukupan nutrisi menjadi prioritas guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil sejak dalam kandungan.

Sebagai seorang ibu, tentunya Anda berharap agar persalinan berjalan dengan lancar. Meski demikian, terdapat berbagai mitos seputar kehamilan yang sering kali terdengar.

Salah satu mitos yang cukup umum adalah anggapan bahwa mengonsumsi tablet tambah darah (TTD) dapat membuat persalinan menjadi lebih sulit. Mitos semacam ini sering diperbincangkan, dan banyak orang yang percaya pada klaim tersebut.

Namun, pertanyaannya, apakah benar bahwa mengonsumsi TTD dapat menyulitkan proses persalinan bagi ibu dan bayi?

 

Fakta tentang TTD dan Kehamilan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyatakan, para pakar medis saat ini sepakat bahwa belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa mengonsumsi tablet tambah darah (TTD) dapat menyulitkan proses persalinan.

Dalam lingkup medis, kesulitan persalinan yang terkait ukuran janin lebih besar umumnya disebabkan faktor-faktor lain, seperti riwayat obesitas ibu, keberadaan diabetes, dan peningkatan berat badan selama kehamilan.

Sebaliknya, TTD sebenarnya diperlukan selama kehamilan. Ibu hamil membutuhkan sekitar 800 mg zat besi, dan oleh karena itu, konsumsi TTD direkomendasikan.

Kementerian Kesehatan menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi sekitar 60 tablet TTD selama masa kehamilan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mitos tentang TTD yang membuat persalinan sulit tidak memiliki dasar ilmiah, dan TTD justru berperan penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

 

Manfaat Mengonsumsi TTD saat Hamil



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x