Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Tanpa Racun, Ini 5 Cara Alami Usir Tikus dari Rumah

Kompas.tv - 23 Februari 2022, 07:41 WIB
tanpa-racun-ini-5-cara-alami-usir-tikus-dari-rumah
llustrasi tikus. Cara alami mengusir tikus tanpa racun. (Sumber: Pexels/DSD)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tikus dikenal sebagai hewan yang jorok dan kotor. Tak heran, banyak yang mencari cara untuk mengusir tikus dari rumah.

Kotoran tikus yang berbau menyengat, kegaduhan yang terjadi di malam hari, dan perangainya yang kerap membuat barang rusak menjadi alasan mengapa hewan ini tak harus berada di rumah.

Cara yang paling kerap digunakan untuk mengusir tikus adalah racun tikus. Namun, cara ini dianggap berbahaya karena bahan kimianya justru dikhawatirkan melukai makhluk lain.

Berikut KOMPAS.TV rangkum lima cara alami mengusir tikus dari rumah, melansir dari dengarden.com, Rabu (23/2/2022).

Baca Juga: 5 Jenis Pohon Bonsai untuk Pemula, Cocok Diterapkan dengan Tips Ini bagi Newcomer

Cara usir tikus tanpa racun

1. Bikin jebakan yang manusiawi

Buatlah jebakan tikus yang dapat menangkap hewan pengerat ini hidup-hidup. Anda dapat menggunakan ember bekas yang cukup tinggi, kayu kecil sepanjang diameter ember, kaleng, dan papan kecil.

Buatlah jebakan dengan memasangkan kayu kecil di bibir ember. Di dalam kayu tersebut sudah disisipi kaleng yang dapat berputar. Olesi kaleng dengan selai kacang.

Siapkan jebakan ember yang sudah jadi, lalu letakkan papan kecil di kedua sisi untuk tanjakan.

Tikus yang terpikat selai kacang akan naik melalui tanjakan dan menginjak kaleng. Namun karena kaleng dapat berputar, maka dia akan jatuh ke dalam ember.

Ember yang tinggi tidak akan terjangkau oleh tikus tersebut sehingga dia akan terjebak. Lepaskan tikus di daerah yang jauh dari rumah Anda dan pemukiman warga.




Sumber : dengarden.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x