Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Berapa Lama Daging Sapi Bisa Disimpan di Freezer? Simak Penjelasannya

Kompas.tv - 20 Juli 2021, 05:05 WIB
berapa-lama-daging-sapi-bisa-disimpan-di-freezer-simak-penjelasannya
Ilustrasi daging beku yang disimpan di dalam freezer. (Sumber: Shutterstock/Creativa Images)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Raya Iduladha tidak lengkap rasanya jika tidak menyantap daging. Namun, terkadang stok daging justru berlimpah karena banyaknya masyarakat yang berkurban.

Mau tak mau, kita harus menyimpan daging tersebut jika tidak habis dimakan dalam sehari. Untuk menyimpan daging lebih awet, sebagian dari kita akan menggunakan freezer.

Baca Juga: Tiga Resep Masakan Daging Kambing Tanpa Ribet, Dijamin Enak

Namun, berapa lama daging sapi bisa disimpan di dalam freezer?

Melansir dari Healthline, Senin (19/7/2021), Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) telah mengeluarkan pedoman tentang pembekuan dan keamanan makanan.

Dalam pedoman tersebut, makanan yang dibekukan dalam suhu -18 derajat celcius dapat menonaktifkan mikroba seperti bakteri, ragi, dan jamur serta memperlambat aktivitas enzim.

Pada suhu tersebut, kita tidak memerlukan segel vakum untuk membekukan daging dengan aman. Namun, segel vakum ini mampu menjaga kelembapan sehingga makanan menjadi lebih awet selama disimpan.

USDA juga merekomendasikan untuk menambahkan lapisan bungkus plastik atau foil sebelum menyimpan daging ke dalam freezer. Lapisan ekstra ini akan berfungsi untuk menjaga kelembapan, menjaga makanan tetap segar, bahkan menjaga rasa dan nutrisi.

Baca Juga: Mual dan Pusing Saat Melihat Daging? Kenali Carnophobia atau Fobia Daging

Meski demikian, ada batasan waktu terkait berapa lama kita bisa menyimpan daging sapi di dalam freezer.

Untuk potongan besar daging sapi mentah disimpan di dalam freezer selama beberapa bulan tanpa mengurangi kualitasnya.

Namun, menurut Food and Drug Administrator (FDA), daging sapi mentah dapat disimpan selama 4-12 bulan, sementara untuk daging sapi yang sudah digiling hanya boleh disimpan selama 3-4 bulan. Adapun untuk daging yang sudah matang, dapat disimpan selama 2-3 bulan.



Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x