Kompas TV feature ngopi

The 2nd Pacific Exposisiton: Menghadirkan Indonesia Di Pasifik - NGOPI

Kompas.tv - 2 Juli 2021, 22:27 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Sebagai negara dengan keunikan wilayah geografis, banyak orang seakan terlupa bahwa Indonesia termasuk juga dalam kawasan Pasifik, khususnya Indonesia bagian Timur yang merupakan rumpun Melanesia.

Indonesia sendiri memiliki tiga wilayah yang memiliki rumpun Melanesia yakni Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur. Saudara kita yang merupakan rumpun Melanesia ini bahkan jumlahnya masih jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan semua kumpulan Melanesians di negara-negara lain.

Atas dasar inilah, Pemerintah Indonesia melalui KBRI Wellington akan menyelenggarakan 2nd Pacific Exposition pada 27-30 Oktober 2021 dengan tema Its Pacific Time. Selain untuk kembali mengingatkan diri sendiri bahwa kita tak boleh lupa bahwa keragaman budaya serta suku bangsa di Indonesia, acara ini juga bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi kawasan Pasifik di tengah pandemi Covid-19, meningkatkan rasa persaudaraan Indonesia dengan negara di kawasan Pasifik, dan menjadi alat diplomasi, khususnya mengenai isu Papua.

Apa saja yang akan ada di 2nd Pacifif Exposition ini? Simak obrolan Nitia Anisa bersama Mahendra Siregar (Wamenlu RI), Tantowi Yahya (Dubes RI untuk Selandia Baru, Samoa, Kerajaan Tonga, Kep. Cook, Niue & Dubes RI Keliling Pasifik), Abdul Kadir Jailani (Dirjen. Asia Pasifik & Afrika Kemenlu RI), Hanna Keraf (Co-Founder Du'Anyam) & Nur Nissa Salim (Dokter Umum di Timika)  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x