Kompas TV entertainment selebriti

Perjalanan Karier Giring Ganesha, Besar di Nidji, Gagal di PSI hingga Ingin Kembali Bermusik

Kompas.tv - 4 April 2024, 12:28 WIB
perjalanan-karier-giring-ganesha-besar-di-nidji-gagal-di-psi-hingga-ingin-kembali-bermusik
Plt Ketua Umum PSI Giring Ganesha dulu dikenal sebagai Giring Nidji. (Sumber: KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tak ada lagi yang bisa dilakukan Giring Ganesha di PSI kali ini selain menunggu lagi kontestasi pemilu 5 tahun yang akan datang. Giring kalah nyaleg, PSI juga tak lolos ke Senayan bersama PPP, Perindo, dan partai lainnya yang tak lolos ambang batas parlemen 4 persen.

Masyarakat Indonesia, khususnya yang besar di era 2000-an, pasti tidak asing dengan nama band Nidji yang terkenal dengan lagu Laskar Pelangi itu.

Tak hanya lagu-lagunya, salah satu yang menjadi ikon dari band pop ini adalah sang vokalis dengan ciri khas rambut kribonya, Giring Ganesha, yang kemudian dikenal sebagai Giring Nidji.

Baca Juga: Komeng Diajak Maju Pilkada Walikota Depok

Sebagai seorang vokalis, Giring dikenal dengan suaranya yang khas dan gaya panggungnya yang atraktif. Namun, sang vokalis yang sudah begitu lekat dengan Nidji itu memutuskan hengkang untuk masuk ke dunia politik.

Profil Giring Ganesha

Giring Ganesha lahir di Jakarta, 14 Juli 1983. Giring merupakan keturunan Jawa dari sang ayah Djumaryo Imam Muhni dan berdarah Minangkabau dari sang ibu Irmawaty.

Pemilik nama lengkap Giring Ganesha Djumaryo ini menikah dengan sang istri Chintya Riza pada tahun 2010. Dari pernikahannya dengan Chintya Riza, Giring dikaruniai dua orang anak perempuan yang diberi nama Aisyah dan Jasmina.

Tidak hanya bermain dalam film Sang Pencerah, ayah dua anak ini juga menjadi pengisi suara dalam film Petualangan Singa Pemberani dari tahun 2012 sampai 2017. Giring Ganesha juga pernah bermain dalam film Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea tahun 2016.

Karier bermusik

Lalu, bagaimana perjalanan karier Giring Ganesha? Vokalis band Giring Ganesha tercatat sebagai vokalis Nidji sejak medio 2002. Sejumlah lagu yang hits Nidji pada masa itu adalah Hapus Aku, Bila Aku Jatuh Cinta, Disco Lazy Time, Biarlah, Sang Mantan, Dosakah Aku.

Kemudian, di tahun 2008, Nidji membuat lagu Laskar Pelangi yang juga dijadikan lagu latar untuk film dengan judul yang sama.

Setelah 15 tahun bersama, Giring memutuskan keluar dari Nidji di tahun 2017. Ia memilih melanjutkan kariernya di dunia politik.

Meninggalkan atributnya sebagai vokalis Nidji, Giring memasuki dunia baru. Pada September 2017, Giring mengumumkan pendaftarannya sebagai bakal calon anggota legislatif DPR RI dari PSI. Giring bergabung ke partai politik yang terbentuk pada 2014 itu karena menurutnya parpol itu memiliki visi misi yang sejalan dengan pribadinya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x