Kompas TV entertainment selebriti

Choi Siwon Hadir di KTT ASEAN, Ajak Pemimpin Negara untuk Perhatikan Pendidikan dan Kesehatan Anak

Kompas.tv - 6 September 2023, 08:31 WIB
choi-siwon-hadir-di-ktt-asean-ajak-pemimpin-negara-untuk-perhatikan-pendidikan-dan-kesehatan-anak
UNICEF East Asia & Pacific Regional Ambassador Choi Siwon menyampaikan pidatonya pada hari kedua ASEAN Business Investment Summit (ABIS) 2023 di Jakarta, Senin (4/9/2023). (Sumber: Media Center KTT ASEAN 2023/Zabur Karuru)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Duta UNICEF untuk kawasan Asia Timur dan Pasifik Choi Siwon, memberikan  pidato  pada hari kedua ASEAN Business Investment Summit (ABIS) 2023 di Jakarta, Senin (4/9/2023).

Member Super Junior (Suju) itu mengajak para pemimpin negara di ASEAN untuk memperhatikan isu tentang anak. Pasalnya, tak sedikit anak-anak di kawasan ASEAN yang belum mendapatkan haknya.

“Saya mulai dengan visi saya, di mana semua setiap anak yang tumbuh sehat akan ternutrisi dan aman dari penyakit,” kata Siwon.

Baca Juga: Rute Pengalihan Arus Lalu Lintas Pengamanan KTT ASEAN di Jakarta Hari Ini 6 September

Sektor yang menjadi perhatian adalah sektor pendidikan dan kesehatan anak. Siwon mengajak pemimpin negara untuk menjamin tumbuh kembang anak dan mendapatkan fasilitas pendidikan yang memadai.

Dia juga mengajak pemimpin untuk berinvestasi pada anak karena anak adalah masa depan. Menurutnya, nilai tambah dari investasi pada anak-anak di bangku sekolah dasar bisa mencapai 10 kali lipat.

“Misalnya, setiap 1 dolar yang diinvestasikan pada pendidikan pra-sekolah dasar bagi anak-anak memberi nilai tambah pada masyarakat hingga 10 kali lipat,” ujar dia.

Siwon juga mengajak pemimpin negara untuk memberikan rasa aman pada anak dari dampak perubahan iklim. Pemberian vaksin diperlukan agar anak terhindar dari segala penyakit.

Dia optimis jika hal itu dilakukan secara bersama-sama, maka sumber daya manusia di masa depan akan berkualitas dan tangguh menghadapi tantangan.

“Aksi kolektif bersama dibutuhkan untuk berinvestasi, anak menjadi lebih berkualitas,” tutur Siwon.

Baca Juga: Buka KTT ASEAN, Jokowi: ASEAN Sepakat untuk Tidak Menjadi Proksi Kekuatan Manapun

Pria 37 tahun itu menambahkan, aksi ini sudah dilakukan oleh UNICEF selama beberapa tahun terakhir. Siwon bilang, UNICEF telah menjangkau 190 negara untuk menolong anak-anak di kawasan tersebut.


Sebagai informasi, ASEAN Business and Investment Summit Day 2 merupakan agenda tambahan dalam ASEAN Business and Investment Summit (ABIS) 2023 yang digelar pada 2-7 September 2023.

ABIS merupakan rangkaian dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang berlangsung dari 5-7 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC). 



Sumber : menpan.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x