Kompas TV entertainment film

Satu Minggu Tayang, Film "Barbie" Kokoh di Puncak Box Office, "Oppenheimer" di Urutan Kedua

Kompas.tv - 31 Juli 2023, 08:06 WIB
satu-minggu-tayang-film-barbie-kokoh-di-puncak-box-office-oppenheimer-di-urutan-kedua
Tujuh hari setelah dirilis, keuntungan film "Barbie" melesat mengungguli Oppenheimer. (Sumber: Warner Bros via AP)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

NEW YORK, KOMPAS.TV — Tujuh hari setelah film "Barbie" karya Greta Gerwig dan "Oppenheimer" karya Christopher Nolan bersaing untuk mencetak rekor box office, kedua film tersebut masih bertahan dengan sangat kuat di bioskop. 


"Barbie" meraup 93 juta Dollar AS, jumlah yang sangat besar di akhir pekan keduanya, menurut perkiraan studio pada hari Minggu (30/7/2023). Sedangkan "Oppenheimer" tetap di posisi kedua dengan pendapatan 46,2 juta Dollar AS. 

Gabungan kedua film tersebut telah melampaui 1 miliar Dollar AS dalam penjualan tiket di seluruh dunia. Paul Dergarabedian, analis media senior untuk firma data Comscore, menyebutnya sebagai "momen batu ujian bagi film, penonton bioskop, dan bioskop".

“Memiliki dua film dari studio saingan yang terhubung dengan cara ini dan keduanya meningkatkan kekayaan satu sama lain - baik dari segi box-office maupun profil mereka. Saya tidak tahu apakah ada persaingan seperti ini dalam sejarah box-office. Kali ini benar-benar tidak ada bandingannya," kata Dergarabedian seperti dikutip dari Associated Press.

Menyusul pembukaannya yang terbaik tahun ini senilai 162 juta Dollar AS, sensasi pop merah jambu dari "Barbie" melihat bisnis yang sangat berkelanjutan sepanjang minggu dan hingga akhir pekan. Film ini melampaui "The Dark Knight" karya Nolan untuk mendapatkan 11 hari pertama terbaik di bioskop dari semua rilisan Warner Bros.

Baca Juga: Oppenheimer dan Barbie Meledak, Pertanda Dunia Tuntut Ide Orisinal dan Baru dalam Hiburan

"Barbie" dengan cepat mengumpulkan 351,4 juta Dollar AS di bioskop AS dan Kanada, angka yang akan segera menjadikannya hit box-office terbesar di musim panas. Dalam setiap hari pemutaran, "Barbie" telah menghasilkan setidaknya 20 juta Dollar AS.
Dan efek "Barbie" tidak hanya terjadi di Amerika Utara. Film ini menghasilkan 122,2 juta Dollar AS  secara internasional selama akhir pekan. Penghitungan globalnya telah mencapai 775 juta Dollar AS. Ini adalah jenis bisnis yang mencengangkan bahkan bagi para eksekutif studio veteran.

“Itu angka yang gila,” kata Jeff Goldstein, kepala distribusi Warner Bros. “Hanya ada penonton yang ingin menjadi bagian dari zeitgeist saat ini. Ke mana pun Anda pergi, orang-orang memakai warna pink. Pink mengambil alih dunia," tambahnya.

Di tengah hiruk pikuk, "Barbie" sudah menarik banyak penonton bioskop yang menonton berulang. Goldstein memperkirakan bahwa 12 persen dari penjualan adalah orang-orang yang kembali datang ke bioskop dengan teman atau keluarga untuk menonton film ini lagi.

“Pasca-pandemi, tidak ada langit-langit dan tidak ada lantai," kata Goldstein. "Film-film yang dirindukan benar-benar merindukan waktu besar, dan film-film yang berhasil benar-benar berhasil," ujarnya.

Sementara itu, "Oppenheimer" dari Universal Pictures tampil lebih seperti film pahlawan super daripada film berdurasi tiga jam tentang pembicaraan para ilmuwan.

Baca Juga: Pemutaran Perdana Barbie Pecahkan Rekor Box Office untuk Film yang Disutradarai Perempuan



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x